Menu

Mode Gelap

Finansial · 14 Mar 2023 10:17 WIB ·

Apa Tujuan dan Fungsi Manajemen Keuangan


 Apa Tujuan dan Fungsi Manajemen Keuangan Perbesar

Apa Tujuan dan Fungsi Manajemen Keuangan

Finaninsia – Apa tujuan dan fungsi manajemen keuangan?  Tujuannya  yaitu Mengoptimalkan keuangan dan laba, dapat memantau kas, memsiapakan saldo, menimalisir riseko, menjamin keberlangsungan perusahaan. Sedangkan fungsi manajemen keuangan yaitu merencanakan dan mengalokasikan keuangan dengan baik, kontrol dan audit keuangan, dan melaporkan keuangan.

Menurut Fahmi manajemen keuangan merupakan penggabungan dari ilmu dan seni yang membahas, mengkaji dan menganalisis tentang bagaimana seorang manajer keuangan dengan mempergunkan seluruh suber daya perusahaan untuk mencari dana, mengelola dana, dan membagi dana dengan tujuan mampu memberikan profit atau kemakmuran bagi para pemegang saham dan suistainability (keberlanjutan) usaha bagi perusahaan.

Tentunya manajemen keuangan memiliki tujuan dan fungsi, lalu apa tujuan dan fungsi  manajemen keuangan tersebut, beriikut ini kami ulas.

Tujuan Manajemen Keuangan

Alasan mengapa perusahaan harus memiliki manajemen keuangan karena manajemen keuangan memiliki tujuan-tujuan yang sangat berguna untuk kemajuan perusahaan. Berikut ini adalah tujuan- tujuan manajemen keuangan:

1. Optimalisasi Keuangan Perusahaan

Dengan  manajemen keuangan Anda harus mengoptimalkannya. Misalnya, Anda perlu melihat produk-produk perusahaan yang menguntungkan. Jika ada sektor yang belum menguntungkan, lebih baik dibatalkan agar keuangan perusahaan saudara dapat optimal.

2. Pemantauan Arus Kas

Ketika sebuah perusahaan bergantung pada Anda untuk melacak arus kas, itu perlu lakukan dengan hati-hati.  Jangan biarkan pengeluaran melebihi pemasukan. Hal ini akan berdampak negatif bagi perusahaan. Jika ada pemasukan lebih, Anda bisa menggunakannya sebagai modal untuk pengembangan produk selanjutnya.

3. Memaksimalkan keuntungan

Sebuah perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang dari perencanaan keuangan yang baik. Itulah mengapa tujuan ketiga ini penting bagi Anda di perusahaan.

4. Persiapan modal saldo

Anda harus mempertimbangkan dengan hati-hati dan akurat bahwa pengaturan modal harus seimbang. Modal manakah yang merupakan kepemilikan dan modal manakah yang berasal dari kredit? Dengan begitu, keuangan perusahaan tetap stabil.

5. Memitigasi risiko

Apa saja yang harus dikontrol dalam pengelolaan keuangan? Pengambilan keputusan adalah jawabannya. Anda benar-benar harus menimbang bagaimana dan kapan mengambil keputusan. Keputusan mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI

31 Maret 2023 - 00:43 WIB

PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI

Pengaruh Teknologi pada perkembangan pendidikan di sekolah

31 Maret 2023 - 00:38 WIB

Pengaruh Teknologi pada perkembangan pendidikan di sekolah

PENTINGNYA MENDIDIK ANAK DI USIA DINI DAN GAYA BELAJARNYA

31 Maret 2023 - 00:25 WIB

Pendidikan Anak di Usia Dini

Jenis Rasio Keuangan dan Pengertian Rasio Keuangan

25 Maret 2023 - 00:04 WIB

Jenis Rasio Keuangan dan Pengertian Rasio Keuangan

Pihak – Pihak Yang Membutuhkan Laporan Keuangan

24 Maret 2023 - 23:37 WIB

Pihak - Pihak Yang Membutuhkan Laporan Keuangan

Kebangkrutan : Pengertian, Faktor Penyebab, Tanda-Tandanya

24 Maret 2023 - 20:54 WIB

Kebangkrutan : Pengertian, Faktor Penyebab dan Tanda-Tandanya
Trending di Finansial