Menu

Mode Gelap

Finansial · 21 Des 2022 08:29 WIB ·

Struktur Proposal Bisnis, Langkah-Langkah dan Cara Membuatnya


 Struktur Proposal Bisnis dan Cara Membuatnya Perbesar

Struktur Proposal Bisnis dan Cara Membuatnya

Finaninsia – Struktur proposal bisnis atau proposal bikin usaha adalah dokumen dan data tertulis yang disiapkan oleh pelaku bisnis yang berisi gambaran umum tentang semua aspek bisnis yang sedang berjalan.

Aspek-aspek ini bersifat internal, eksternal dan sebenarnya. Supaya anda tidak salah dalam pembuatan proposal bisnis, sebelumnya anda harus paham dengan struktur-struktur yang ada pada proposal bisnis dan juga tahapan-tahapan dalam pembuatannya. Berikut kami akan menjelaskan struktur proposal bisnis dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatanya.

Struktur Penting dalam Contoh Proposal Bisnis

Sebagai wirausahawan, pengembangan usaha perlu dilakukan sebagai bukti bahwa bisnis anda saat ini dianggap berhasil. Pengajuan pembiayaan modal merupakan salah satu cara untuk mengembangkan perusahaan.

Namun, mempresentasikan proposal bisnis kepada investor juga merupakan salah satu langkah yang dinilai bermanfaat dalam meningkatkan potensi peluang bisnis.

Contoh proposal bisnis yang diberikan oleh pengusaha seringkali dianggap tidak lebih dari dokumen permintaan keuangan. Faktanya, penawaran komersial memiliki lebih banyak fitur. Dalam contoh proposal bisnis, penting bagi anda untuk menjelaskan kepada investor kondisi dan rencana bisnis apa yang anda siapkan.

Tujuannya adalah untuk membuka perspektif transparansi sehingga investor merasa dilibatkan dalam kerjasama dan tidak hanya dituntut dari sisi material. Contoh proposal bisnis adalah penawaran kemitraan yang Anda komunikasikan kepada investor untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Dengan contoh proposal bisnis, alangkah baiknya jika Anda juga bisa memberikan gambaran atau penjelasan tentang waktu yang dihabiskan dalam pengembangan bisnis.

Struktur Proposal Bisnis

Struktu proposal bisnis adalah susunan krangka yang harus di buat dan di cantumkan ketika menyasun proposal bisnis. Berikut ini susunan struktur bisnis yang harus di cantumkan ketika membuatt proposal bisnis:

1. Jelaskan tujuan dalam pendahuluan

Dalam contoh proposal bisnis yang dapat anda gunakan sebagai contoh dalam proposal usaha adalah kerangka penulisannya. Tujuannya adalah untuk menarik investor agar mereka dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi bisnis anda. Oleh karena itu agar investor tertarik dengan penawaran anda

Anda dapat membicarakan tujuan anda serta menambahkan visi dan misi bisnis serta tujuan yang dicapai di masa depan yang sesuai dengan latar belakang pendirian perusahaan. Sehingga target yang akan dicapai kedepannya dapat sejalan dengan latar belakang dari dibentuknya bisnis yang sedang anda jalani.

2. Sertakan Profil Bisnis

Profil bisnis adalah elemen penting lainnya untuk disertakan dalam kerangka proposal bisnis sampel. Ada banyak metode atau cara untuk menulis profil bisnis. Namun satu hal yang pasti company profile anda harus disajikan dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami agar investor juga paham seberapa besar potensi bisnis anda.

3. Informasi tentang struktur organisasi

Contoh template proposal bisnis juga biasanya diisi dengan informasi tentang struktur organisasi. Hal ini adalah bagian dari tolok ukur kinerja organisasi bisnis anda untuk memaksimalkan potensi bisnis saat ini. Informasi mengenai struktur organisasi dapat diperhatikan agar investor dapat menilai seberapa optimal perusahaan Anda dikelola dari dalam.

4. Sebutkan produk dan target pasar

Proposal usaha digunakan sebagai tawaran kepada investor untuk berpartisipasi dan membantu anda mengembangkan usaha yang anda jalankan. Oleh karena itu anda juga harus mencantumkan informasi mengenai keunggulan produk yang anda tawarkan. Pengenalan manfaat produk ini juga biasanya terdapat pada kerangka dasar contoh proposal bisnis.

Dengan menjelaskan produk anda secara detail anda sudah membuat investor tertarik untuk berinvestasi di perusahaan anda. Selain itu informasi tentang kegunaan produk anda juga perlu memberikan informasi tentang tujuan dan posisi perusahaan anda di pasar atau industri saat ini.

Dalam contoh proposal bisnis investor memerlukan informasi tentang tujuan dan status perusahaan ini untuk melihat keseriusan bisnis anda dan juga bagaimana anda dapat mencapai tujuan anda di masa depan.

5. Analisis SWOT

Berikutnya adalah analisis swot yang harus anda sertakan dalam contoh proposal bisnis anda.  Analisis swot terdiri dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Dalam analisis yang termasuk dalam contoh proposal bisnis, anda dapat menggambarkan kekuatan dan kelemahan bisnis anda saat ini.

Selain itu, di bagian Opportunity anda bisa mengisinya dengan berbagai peluang yang bisa anda raih selama pengembangan bisnis. Dalam analisis ini, utamakan peluang keuntungan finansial karena anda juga harus mempertimbangkan ekspektasi investor yang juga ingin mendapatkan keuntungan dari kesuksesan bisnis yang anda kembangkan.

Pada bagian ancaman anda harus menjelaskan tentang ancaman atau bahaya yang akan terjadi di masa depan. Bahkan jika anda menulis tentang risiko dalam contoh proposal bisnis sertakan manajemen risiko atau strategi mitigasi. Analisis SWOT dapat membantu calon investor menilai keseriusan pengembangan perusahaan Anda sebagai pendorong investasi modal.

6. Rencana dan Strategi Bisnis

Dalam membuat contoh proposal bisnis untuk investor anda dapat memulainya dengan menyusun rencana dan strategi pengembangan bisnis. Dengan memiliki rencana dan strategi bisnis dalam proposal bisnis anda. Anda dapat memberikan gambaran kepada investor bahwa anda sudah memiliki tujuan yang jelas untuk mengembangkan bisnis anda.

Artinya calon investor akan melihat keseriusan anda sebagai pebisnis yang juga akan menguntungkan investor. Jangan hanya fokus pada kebutuhan uang atau modal tambahan. Anda juga dapat menambahkan bagian promosi penjualan dan pemasaran ke contoh rencana dan strategi proposal bisnis. Seperti yang Anda ketahui bahwa pemasaran biasanya membutuhkan anggaran yang besar.

Dengan menawarkan kerja sama yang transparan melalui contoh proposal bisnis, calon investor juga dapat menilai kebutuhan anda dalam waktu dekat untuk mempromosikan pengembangan bisnis. Selain itu juga penting bagi anda untuk dapat mengkomunikasikan perluasan target pasar anda.

Bisnis yang berkembang dimaksudkan anda dapat mencapai pangsa pasar yang lebih besar. Dalam contoh proposal bisnis anda juga bisa mencantumkan inovasi produk apa saja yang ditawarkan dalam proses pengembangan bisnis anda. Hal ini secara alami menunjukkan konsistensi antara tujuan menjangkau audiens yang lebih luas dan pelanggan dari proposal bisnis sampel.

7. Mencantumkan laporan keuangan

Laporan keuangan juga merupakan bagian dari aspek penting yang harus anda laporkan secara tertulis sebagai didalam pembuatan proposal bisnis. Sebelum menyetujui untuk memberikan modal investor membutuhkan gambaran yang jelas tentang laporan keuangan.

Laporan keuangan yang baik dan tertata dengan baik dapat membuat calon investor mempercayai pengelolaan keuangan modal pengembangan usaha yang anda kelola. Selain menjelaskan laporan keuangan terbaru proposal bisnis juga dapat disiapkan dengan rencana anggaran untuk membantu pengembangan bisnis.

Hal ini diperlukan agar calon investor juga mengetahui dengan jelas apa yang anda butuhkan untuk dapat mengembangkan bisnis anda lebih luas lagi. Selain itu, anda juga dapat membuat bagan perhitungan laba yang nantinya dapat anda akses di contoh proposal bisnis anda.

Model perhitungan keuntungan ini nantinya bisa anda terapkan sebagai tujuan harian, bulanan, atau tahunan seiring dengan pengembangan bisnis. Selain itu, penting bagi anda untuk memasukkan sistem penghitungan keuntungan bagi calon investor. Sistem perhitungan ini adalah contoh yang dapat menarik calon investor untuk mengetahui berapa keuntungan yang bisa mereka dapatkan.

8. Penutup dan Lampiran

Bagian terakhir yang harus anda perhatikan saat membuat proposal bisnis adalah bagian penutup. Walaupun terlihat sederhana tujuan dari bagian terakhir dari contoh proposal biasanya untuk merangkum tujuan dan juga nilai-nilai penting yang akan anda tawarkan kepada investor di masa depan.

Pada bagian selanjutnya anda juga dapat menambahkan lampiran terkait informasi pendukung seperti referensi atau konfirmasi mengenai bisnis yang anda jalankan.

Untuk memaksimalkan keuntungan dan menjalankan bisnis yang sukses anda perlu menerapkan sistem manajemen keuangan yang baik. Sebelum berbicara tentang sistem sebagai operator perusahaan anda juga harus memiliki keterampilan manajemen keuangan yang baik dan juga perhitungan tentang aspek keuangan yang diperlukan untuk operasional perusahaan.

Baca juga: Fungsi Lelang, Pengertian Karakteristik, Manfaat dan Cara Kerja Lelang

Cara Membuat Proposal Bisnis

Berikut panduan yang perlu Anda ketahui untuk membuat proposal bisnis yang baik dan benar.

1. Membuat pendahuluan

Langkah pertama adalah membuat pendahuluan. Umumnya isi pendahuluan ini akan mencakup latar belakang bisnis yang anda jalankan.

Anda perlu mencantumkan visi dan misi perusahaan, gambaran dan tujuan yang ingin dicapai di masa yang akan datang. Hal ini harus dicantumkan dalam proposal agar investor merasa percaya diri berinvestasi di perusahaan anda.

2. Cantumkan Profil Perusahaan

Selanjutnya, anda harus membuat profil perusahaan atau bisnis anda secara singkat dan jelas. Dalam hal ini, anda hanya perlu menambahkan tiga poin pada profil, seperti jenis perusahaan, nama, dan lokasi.

3. Membuat struktur organisasi perusahaan

Jika perusahaan anda sudah memiliki sistem yang baik anda dapat menulis struktur organisasi perusahaan. Bahkan jika sistem manajemen bisnis anda tidak berfungsi dengan baik yang terbaik adalah memasukkannya ke dalam proposal untuk dipertimbangkan.

4. Deskripsikan Produk Anda

Langkah selanjutnya adalah menjelaskan produk yang anda jual mulai dari jenis, cara pembuatan hingga penggunaan. Jelaskan poin ini sedetail mungkin untuk meyakinkan investor agar mau berinvestasi di perusahaan anda.

5. Menentukan target pasar

Cara mengajukan bisnis usaha selanjutnya adalah menentukan target pasar yang ingin dibidik. Perhatikan bahwa dalam proposal bisnis yang baik, pelaku bisnis harus mencantumkan target pasar penugasan. Penjabaran ini meliputi usia hingga kategori yang ingin anda targetkan produk manufaktur anda.

6. Organisasi Promosi dan Keingintahuan

Perlu dicatat bahwa setiap proposal komersial harus menjelaskan strategi periklanan dan pemasaran yang akan diterapkan. Pada bagian ini, anda harus menjelaskan secara rinci strategi pemasaran dan juga bagaimana promosi yang akan dilakukan untuk menarik minat konsumen. Dari hal tersebut investor bisa menganalisis berapa keuntungan yang akan didapat nantinya.

7. Penyusunan Laporan Akuntansi Tahunan

Distribusi dana harus tercermin dalam bagian “Proposal Pembiayaan Komersial”. Selain itu, anda juga harus menyertakan laporan laba rugi. Perhatikan bahwa ini harus dilakukan secara realistis, karena setiap bisnis memiliki risikonya sendiri.

8. Membuat keputusan

Di bagian terakhir ini, anda perlu menambahkan atau menulis ulang hal-hal yang bisa lebih meyakinkan calon investor. Anda juga dapat menambahkan keinginan dan permintaan ke saran yang dikirimkan. Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada investor yang telah membaca proposal

9. Kumpulkan lampiran

Langkah terakhir dalam membuat proposal usaha jasa adalah menyiapkan lampiran yang diperlukan. Lampiran di sini mendukung informasi seperti detail pribadi pedagang, lisensi, kontrak bisnis, sertifikat, dll.

Baca juga: Pengertian Agen, Jenis, Tugas, Ciri-Ciri, perbedaan dengan Distributor

Kesimpulan

Struktur proposal bisnis merupakan hal-hal yang harus dipenuhi dalam pembuatan proposal bisnis. Hal-hal tersebut sangat berkitan dengan berkembangnya suatu bisnis.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa struktur proposal bisnis adalah susunan-susunan atau bagian-bagian yang ada pada proposal bisnis itu sendiri. Adapun struktur bisnis diantaranya adalah pendahuluan, profil, struktur dan seterusnya. Demikian tadi penjelasan tentang struktur proposal bisnis yang dapat anda jadikan referensi dalam pembuatan proposal bisnis.

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI

31 Maret 2023 - 00:43 WIB

PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI

Pengaruh Teknologi pada perkembangan pendidikan di sekolah

31 Maret 2023 - 00:38 WIB

Pengaruh Teknologi pada perkembangan pendidikan di sekolah

PENTINGNYA MENDIDIK ANAK DI USIA DINI DAN GAYA BELAJARNYA

31 Maret 2023 - 00:25 WIB

Pendidikan Anak di Usia Dini

Jenis Rasio Keuangan dan Pengertian Rasio Keuangan

25 Maret 2023 - 00:04 WIB

Jenis Rasio Keuangan dan Pengertian Rasio Keuangan

Pihak – Pihak Yang Membutuhkan Laporan Keuangan

24 Maret 2023 - 23:37 WIB

Pihak - Pihak Yang Membutuhkan Laporan Keuangan

Kebangkrutan : Pengertian, Faktor Penyebab, Tanda-Tandanya

24 Maret 2023 - 20:54 WIB

Kebangkrutan : Pengertian, Faktor Penyebab dan Tanda-Tandanya
Trending di Finansial