Menu

Mode Gelap

Uncategorized · 12 Apr 2023 17:29 WIB ·

Mubtada’ Muakhor, Khabar Muqaddam, Contohnya


 Mubtada' Khobar : Mubtada' Muakhor dan Khabar Muqaddam Perbesar

Mubtada' Khobar : Mubtada' Muakhor dan Khabar Muqaddam

Finaninsia – Mubtada’ khobar adalah susunan kalimat (tarkib) dalam bahasa arab yang saling beringin. Kedua tarkib ini adalah pasangan susunan kalimat yang jika satu ada maka satunya juga harus ada karena mubtada’ menjadi subyek dan khobar khobar menjadi peredikat, jadi keduanya harus ada agar kalimatnya dapat di pahami.

Hukum asal susunan kalimat ini mubtada’ di awal dan khobar di belakang. Numun dalam beberapa tempat terkadang malah sebaliknya, mubtada’ di akhir dan khobar di awal, Nah inilah yang di sebut dengan mubtada’ muakhor dan khobar muqaddam sebagai mana pembahasan di bawah ini.

Pengertian Mubatada’ Khobar

Mubtada’ adalah isim yang dibaca rofa’ yang di tandai dengan mim yang menjadi permulaan kalam yang sepi dari amil lafdhi.

Mubtada’ artinya secara adalah permulaan. kata Mubutada’ berasal dari bahasa arab yang merupakan kata masdar, kata benda. Secara istilah pengertian mubtada’  adalah isim yang di baca rofa’ yang menjadi permulaan kalimat.

Dari struktur susunannya hukum asalnya mubtada’ wajib berada di awal kalimat karena kata yang menjadi mubtada’ adalah kata mau di jelaskan oleh karena itu maka hukum wajib di awal.

Khobar adalah isim yang dibaca rofa’ yang ditandai kho’ yang disandarkan kepada mubtada’,

Hukum asal susunan khobar adalah di belakang mubtada’ sebagaimana contoh di tersebut. Namun di bebearapa temppat khobar kadang berada di awal mubtada’ karena lafadhnya menuntut menjadi awal kalimat seperti yang di jelaskan di bawah ini.

Contoh Mubtada’ khobar

Contoh mubtada’ khobar اَلشَّافِعِيْ اِمَامُنَا. Lafad tersebut yang menjadi khbor adalah lafadh اِمَامُنَا dan lafadh اَلشَّافِعِيْ  menjadi mubtada’.

Mubtada’ Muakhor

Mubtada’ muakhor adalah mubtada’ yang di akhirkan dari khobarnya. Hal ini terjadi kalimat yang menjadi khobar adalah lafadh yang menuntut di awal kalimat dan tidak boleh di akhirkan.

Contoh mubtada’ muakhor فِي الْفَصْلِ مُدَرِّسٌ ,  kalimat tersebut khabar muqaddam adalah فِي الْفَصْلِ sedangkan mubtada muakhhar adalah  مُدَرِّسٌ

Khobar Muqaddam

Khobar muqaddam adalah khobar yang di dahulukan dari mubtada’. Hal terjadi lafadh khobar menuntut di awalkan dari dari mubtada’.

Contoh khobar muqaddam فِي الْفَصْلِ مُدَرِّسٌ ,  kalimat tersebut khabar muqaddam adalah فِي الْفَصْلِ sedangkan mubtada muakhor adalah  مُدَرِّسٌ

Baca juga:

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 125 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Iman Kepada Hari Akhir

16 Mei 2024 - 15:56 WIB

Iman Kepada Kitab Suci Allah SWT

16 Mei 2024 - 13:55 WIB

Malaikat-Malaikat Allah Swt.

16 Mei 2024 - 13:46 WIB

RAMADHAN DAN KEISTIMEWAANYA

16 Mei 2024 - 00:10 WIB

Kisah kisah dalam Al Qur’an

15 Mei 2024 - 20:38 WIB

Pantai Ngobaran Daerah Istimewa Yogyakarta : Harga Tiket dan Keindahannya

18 April 2023 - 03:11 WIB

Pantai Ngobaran Daerah Istimewa Yogyakarta : Harga Tiket dan Keindahannya
Trending di Uncategorized