Beranda » Market Share : Pengertian, Fungsi, Jenis, Hingga Cara Meningkatkannya
Market Share: Pengertian, Fungsi, Jenis, Hingga Cara Meningkatkannya

Market Share : Pengertian, Fungsi, Jenis, Hingga Cara Meningkatkannya

by Admin

Finaninsia – Market share merupakan salah satu komponen penentu berkuasa tidaknya perusahaan.  Market share ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya jual perusahaan dan sangat berguna untuk marketing pamasaran. Bagi anda yang masih bingung dengan apa itu market share anda dapat mempelajari penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Market share

Market share atau juga disebut dengan pangsa pasar secara umum adalah persentase total penjualan produk suatu perusahaan dibandingkan dengan total penjualan para pesaingnya dalam industri yang sama. Adanya market share ini dijadikan sebagai tolok ukur keberhasilan penjualan perusahaan atau sebagai tolak ukur untuk menaklukkan pesaing. Misalnya, perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik mengincar pangsa pasar 15 persen dari total pasar, yang juga ditolak oleh pesaing. Oleh karena itu, diperlukan banyak biaya periklanan atau pemasaran untuk mencapai market share sasaran.

Dalam kurun waktu tertentu, terlihat bahwa hasil pemasaran dapat memberikan market share sebesar 17%. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan cukup efektif dan perusahaan berhasil mengelola operasionalnya dengan baik dengan melampaui target yang telah ditetapkan. Sebaliknya, jika pangsa pasar yang diperoleh ternyata kurang dari 15%, berarti kinerja perusahaan kurang baik dan berdampak pada angka penjualan produk.

Baca juga: Reksadana Syariah : Pengertian, Jenis, Karakteristik, dan Cara Investasinya

Macam – Macam Jenis Market Share

Berikut di bawah ini jenis-jenis market share yang perlu anda ketahui.

1. Pasar perdana (primary market)

Pemerintah atau perusahaan menghimpun dana di pasar perdana dengan menerbitkan saham melalui penawaran umum perdana. Adapun masalah atau issue, mereka dapat diinvestasikan dalam investasi swasta atau publik. Pertanyaan yang bersifat umum muncul ketika saham telah dibagikan kepada lebih dari 200 orang. Pada saat yang sama terdapat kurang dari 200 orang yang mengalami masalah (problem) pribadi pada saat pendistribusian. Harga saham didasarkan pada perkembangan buku atau harga tetap. Oleh karena itu, harga tetap ini ditentukan oleh penerbit, yang nilai nominalnya tercantum dalam dokumen penawaran. Pada saat yang sama, book building merupakan tempat untuk berbagai hal berdasarkan keinginan investor.

2. Pasar sekunder (secondary market)

Saham yang dibeli di pasar perdana dapat dijual kembali di pasar sekunder. Pasar sekunder ini beroperasi di pasar forex dan pasar OTC. Pasar OTC adalah pasar informal di mana kedua belah pihak menyepakati perdagangan tertentu. Dan kesepakatan akan selesai di masa depan.

Baca juga: Tugas Redaktur, Pengertian dan Kemampuan yang Dibutuhkan

Fungsi Market Share

Market share atau pangsa pasar memiliki 3 fungsi Market share  sebagai berikut:

1. Barometer Kesuksesan Pengusaha

Fungsi utama pangsa pasar adalah barometer kesuksesan pengusaha dalam berbisnis. Salah satu indikator keberhasilan suatu perusahaan adalah kemampuannya menguasai pasar dan bersaing dengan pesaing yang ada. Siapa yang dapat menguasai pasar, perusahaan itu adalah yang terbaik di antara para pesaingnya.

2. Menentukan Posisi Perusahaan

Fungsi pangsa pasar lainnya adalah untuk membandingkan satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Untuk mengetahui di nomor berapa perusahaan anda berada, berikut posisi perusahaan, yaitu:

a. Pemimpin pasar (Market Leader)

Perusahaan memiliki banyak pembeli produk, barang atau jasa yang sejenis dibandingkan kompetitornya. Adapun ciri-ciri pemimpin pasar antara lain yaitu, menjadi pangsa pasar terbesar, persaingan dalam perubahan harga, saluran distribusi yang baik dan intensitas iklan di antara pesaing lainnya, menjadi contoh bagi pesaing untuk menyerang dan meniru.

Penantang pasar Lawan dari market leader, market leader atau market challenger adalah pihak kedua, ketiga, dst. Penantang pasar menjadi ancaman bagi market leader untuk menguasai pasar.

b. Pengikut pasar (market follower)

Posisi ini merupakan posisi perusahaan yang memiliki modal cukup besar, namun tidak ingin menguasai pasar atau mengganggu keberadaan pemimpin pasar dan penantang pasar. Biasanya pengusaha pada posisi ini mendapatkan pangsa pasar yang baik dan terhindar dari resiko yang besar.

c. Niche Market (Ceruk Pasar)

Perusahaan di posisi terakhir mengincar area pasar yang lebih sempit dan tidak memiliki banyak pesaing. Mereka biasanya menargetkan segmen tertentu seperti hobi dan minat konsumen.

3. Materi Evaluasi

Tugas terakhir adalah materi evaluasi untuk kontraktor. Pangsa pasar memungkinkan anda untuk membandingkan diri anda dengan pesaing lain. Anda dapat memperbaiki cacat dan hal-hal yang perlu diperbarui di perusahaan anda, seperti kualitas produk, strategi pemasaran, dll.

Baca juga : Value Proposition : Definisi, Fungsi, Komponen Utama, dan Struktur Bagiannya

Cara meningkatkan market share

Cara meningkatkan market share yaitu banyak. Antara lain yaitu:

1. Membuat konsumen tetap setia

Salah satu cara yang terbukti efektif untuk meningkatkan penjualan adalah membuat konsumen yang telah membeli sesuatu dari perusahaan anda kembali untuk membeli kepada anda, dan tidak membiarkan mereka berganti kepada kompetitor yang lain. Hal tersebut merupakan kesalahan yang sering dilakukan perusahaan dalam mengembangkan usahanya. Karena alih-alih mempertahankan pembuat uang mereka di tempat mereka berada, mereka terus-menerus mencari pelanggan baru. Jadi itu hanya membuang-buang waktu mereka. Untuk tetap menjadi pelanggan setia, anda dapat melakukannya dengan menawarkan layanan khusus, memberi mereka konten yang informatif, memberi mereka hadiah jika ingin berpartisipasi dalam program, dll.

2. Memperkenalkan strategi pemasaran baru

Era digital ini memaksa anda untuk mengikuti perubahan, jadi agar tidak kalah bersaing dengan kompetitor, anda juga perlu menggunakan strategi baru, dan bukan menggunakan metode yang lama, karena yang berhasil sebelumnya, tidak berarti itu akan berhasil dimasa sekarang. Strategi baru yang dimaksud disini adalah strategi network marketing. Perlu anda ketahui bahwa 68% masyarakat Indonesia mengandalkan penggunaan internet untuk mencari informasi pembelian produk/jasa. Sehingga Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk meningkatkan penjualan anda melalui website, media sosial dan sistem SEO.

3. Pilih tim yang pofesional

Apakah anda merasa setiap strategi yang anda terapkan terlihat bagus, tetapi Anda merasa ada yang kurang? Jika demikian, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memantau kinerja tim anda. Kerja tim yang terkoordinasi diperlukan agar bisnis dapat berlanjut dengan baik. Tapi bukan sembarang tim yang bisa anda percayai, anda membutuhkan tim yang penuh dengan pemain kuat yang bisa meningkatkan pangsa pasar mereka. Tetapi jika anda benar-benar tidak dapat mengganti tim anda dengan yang baru, atau kinerja tim anda menurun, anda harus melatih mereka untuk menjadi lebih baik lagi, karena orang terbaik sulit ditemukan.

4. Meminta bantuan

Tentu saja, mengembangkan bisnis anda sulit dan terkadang strategi yang anda terapkan mungkin tidak begitu sempurna. Oleh karena itu anda mungkin memang tidak tahu segalanya, anda harus mencari bantuan dari para profesional seperti konsultan sesegera mungkin. Konsultan Bisnis membantu anda meningkatkan pangsa pasar perusahaan anda dengan rencana yang terbukti, metode keuangan yang tepat, dan informasi tentang kondisi persaingan. Anda harus bereksperimen dengan strategi untuk meningkatkan pangsa pasar perusahaan ini. Apalagi jika saat ini perusahaan yang anda kelola sudah berkembang. Selain meningkatkan pangsa pasar anda, hal lain yang perlu anda lakukan seiring pertumbuhan bisnis anda adalah perangkat lunak ERP. Perangkat lunak ERP adalah investasi yang perlu anda lakukan saat bisnis anda tumbuh untuk memfasilitasi dan mengintegrasikan bisnis anda.

Kesimpulan

Market share yang memilik arti pangsa pasar merupakan bagian penting dalam suatu perusahaan. Pangsa pasar ini menjadi suatu sistem yang memiliki dampak akan keberlangsungan suatu perusahaan (berkembang atau terpuruk). Jika anda seorang yang memiliki perusahaan atau pelaku bisnis anda harus benar-benar memahami pangsa pasar terhadap perusahaan anda, mulai dari jenis, fungsi dan metode untuk meningkatkan pangsa pasar itu sendiri. Demikian penjelasan seputar pangsa pasar semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda seputar bisnis, terima kasih.

 

Advertisements
Advertisements

Related Posts

1 comment

On the Job Training (OJT) : Bentuk, Tujuan, Manfaat, Pelaksanaan Januari 2, 2023 - 13:59

[…] Baca juga: Market Share : Pengertian, Fungsi, Jenis, Hingga Cara Meningkatkannya […]

Reply

Leave a Comment