Menu

Mode Gelap

Finansial

Manajemen Keuangan : Pengertian, Ruang Lingkup, Tujuan, Fungsi dan Prinsip-Prinsipnya


 Manajemen Keuangan: Pengertian, Fungsi dan Tujunnya Perbesar

Manajemen Keuangan: Pengertian, Fungsi dan Tujunnya

Finaninsia – Mengapa manajemen keuangan sangat penting untuk keberlangsungan dan kemajuan perusahaan? karena manajemen keuangan memiliki pilar – pilar kebijakan fiskal yang sehat, yaitu:

  • Mengembangkan strategi atau mengidentifikasi apa yang dibutuhkan perusahaan  secara finansial untuk mencapai tujuannya dalam jangka pendek dan panjang. Misalnya, seorang pemimpin bisnis memerlukan informasi tentang kinerja saat ini untuk merencanakan masa depan.
  • Membuat keputusan atau membantu manager memutuskan cara terbaik untuk mengimplementasikan rencana dengan menyediakan laporan keuangan terkini dan informasi yang relevan.
  • Manajemen dapa mengontrol, memantau atau memastikan kontribusi setiap departemen yang ada terhadap visi dan operasional perusahaan sesuai dengan anggaran dan strategi.

Dasinilah maka di perlukan mengetahui manajemen keuangan, mulai dari pengertian, ruang lingkup. tujuan, fungsi dan prinsip-prinsip yang harus di jaga. Mari kita ulas:

Pengertian Manajemen Keuangan

Secara umum, manajemen keuangan adalah kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan dan penyimpanan dana. Hal ini juga berlaku untuk perencanaan keuangan dan manajemen aset. Pengelolaan keuangan sangat perlu direncanakan untuk menghindari masalah di kemudian hari.

Sekalipun bisnis yang Anda bangun adalah bisnis Anda sendiri, Anda juga perlu berhati-hati dalam mengatur keuangan Anda. Seharusnya tidak ada tumpang tindih antara pendanaan swasta dan komersial. Karena itu akan berbahaya.

Manajemen keuangan pada dasarnya adalah praktik membuat rencana keuangan bisnis dan kemudian memastikan implementasinya untuk setiap departemen. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, perusahaan memiliki kesempatan untuk menerima data untuk mengembangkan visi, mengambil keputusan investasi dan mendapatkan pengetahuan tentang pembiayaan investasi, mengelola likuiditas, profitabilitas, posisi kas, dll.

Advertisements

Manajemen keuangan adalah sistem mengintegrasikan berbagai fungsi keuangan termasuk akuntansi, manajemen investasi, pendapatan, dan pemrosesan pembayaran. Ketika komponen ini berhasil diintegrasikan, organisasi dapat mencapai transparansi keuangan dengan memfasilitasi operasi sehari-hari.

Apa saja ruang lingkup manajemen keuangan

Ruang lingkup manajemen keuangan yaitu perencanaan, penganggaran, manajemen resiko, dan perosedur. Beriku ini penjelasannya:

1. Perencanaan

Dalam perencanaan keuangan, manager keuangan perlu melakukan perencanaan keuangan. Manager ditugaskan untuk memperkirakan jumlah uang yang dibutuhkan perusahaan untuk mempertahankan arus kas positif, mengalokasikan dana untuk pertumbuhan, menambah produk atau layanan baru, mengelola kontinjensi, dan membagikan informasi ini dengan mitra bisnis. Perencanaan dapat dibagi menjadi beberapa kategori termasuk biaya modal, tenaga kerja, tidak langsung, dan operasi.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI

31 Maret 2023 - 00:43

PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI

Pengaruh Teknologi pada perkembangan pendidikan di sekolah

31 Maret 2023 - 00:38

Pengaruh Teknologi pada perkembangan pendidikan di sekolah

PENTINGNYA MENDIDIK ANAK DI USIA DINI DAN GAYA BELAJARNYA

31 Maret 2023 - 00:25

Pendidikan Anak di Usia Dini

Jenis Rasio Keuangan dan Pengertian Rasio Keuangan

25 Maret 2023 - 00:04

Jenis Rasio Keuangan dan Pengertian Rasio Keuangan

Pihak – Pihak Yang Membutuhkan Laporan Keuangan

24 Maret 2023 - 23:37

Pihak - Pihak Yang Membutuhkan Laporan Keuangan

Kebangkrutan : Pengertian, Faktor Penyebab, Tanda-Tandanya

24 Maret 2023 - 20:54

Kebangkrutan : Pengertian, Faktor Penyebab dan Tanda-Tandanya
Trending di Finansial