Menu

Mode Gelap

Edukasi

Jenis Prolog : Pengertian, Contoh, Cara Membuat dan Perbedaan Prolog dan Epilog


 Prolog : Pengertian, Jenis, Contoh, Cara Membuat dan Bedanya dengan Epilog Perbesar

Prolog : Pengertian, Jenis, Contoh, Cara Membuat dan Bedanya dengan Epilog

Finaninsia – Dalam dunia sastra biasanya terdapat sebuah narasi pendek dari cerita yang akan dimuat pada sebuah novel, film atau sebagainya. Narasi ini ada yang terletak pada awal cerita dan juga ada yang ada pada akhir cerita. Narasi ini juga memiliki berbagai fungsi dan jenis dalam penulisannya. Salah satunya adalah prolog, prolog merupakan bagian dari sebuah cerita yang mampu merangsang pembaca atau penikmat sastra supaya lebih bergairah dalam mengikuti alur cerita yang dibawakan. Agar kamu lebih memahami apa itu prolog, simak penjelasan prolog mulai dari pengertian, jenis, contoh, cara membuat dan bedanya dengan epilog.

Baca juga : Psikopat : Pengertian, Ciri-ciri, Hingga Gejala dan Perawatannya

Pengertian Prolog

Prolog adalah pengantar skenario yang bisa berupa dialog atau peristiwa kilas balik. Prolog sebenarnya tidak wajib namun bersama dengan prolog menciptakan minat dan keingintahuan tentang isi cerita pada penonton, pembaca atau pendengar.

Seperti yang anda ketahui bahwa prolog adalah bagian penting dari sebuah karya sastra berupa kalimat pembuka atau pengantar. Secara etimologis prolog diambil dari bahasa Yunani, yaitu Prologos yang artinya pengantar atau pengantar isi karya sastra. Secara sederhana prolog adalah istilah yang digunakan dalam karya sastra yang berfungsi sebagai kalimat pembuka atau pengantar. Prolog sendiri merupakan bagian yang sengaja dihadirkan di awal cerita sebagai pengantar cerita secara keseluruhan.

Pada mumnya dalam dunia sastra, prolog banyak digunakan dalam novel, drama, film, dan lainnya. Biasanya isi naskah prolog menjelaskan tentang tokoh atau aktor dalam cerita. Selain itu juga terdapat beberapa prolog yang secara langsung menggambarkan konflik cerita yang tentunya menarik perhatian pembaca hingga membuat mereka penasaran dengan ceritanya.

Jenis – jenis Prolog
Berikut adalah beberapa contoh jenis prolog:
1. Peralihan waktu
Prolog ini digunakan ketika penulis perlu menambahkan adegan (untuk memberikan konteks, gambar atau informasi yang terjadi pada waktu yang berbeda) dari bagian lain novel jika memang demikian tidak cocok dengan sisa cerita Biasanya adegan ini berarti prolog yang terjadi di masa lalu, tetapi bisa juga berarti masa depan. Prolog ini mungkin atau mungkin tidak memiliki sudut pandang karakter yang sama dengan cerita. Harry Potter adalah contoh bagus dari prolog yang mengubah waktu.
a) Prolog dari masa lalu protagonis
Jenis prolog ini mengungkapkan sesuatu yang terjadi pada protagonis di masa lalu yang perlu diketahui pembaca. Misalnya, masa lalu karakter Batman. Untuk memahami cerita dan motivasi Batman, penonton atau pembaca harus tahu bahwa orang tuanya dibunuh. Prolog jenis ini biasanya berisi peristiwa emosional yang kuat yang disajikan di awal cerita.
b. Prolog Masa Depan
Jenis prolog ini ditulis dengan nada dan gaya yang sama, dari cerita utama dan sudut pandang tokoh utama yang sama. Disampaikan dengan sangat baik, prolog seperti itu dapat mengubah pikiran pembaca/penonton. Seiring berjalannya cerita, ada saatnya pembaca/penonton mengerti mengapa prolog ini dimasukkan. Saat alasan ini terungkap, opini pembaca terhadap cerita tersebut mengalami semacam perubahan. Nah, pembaca/penonton biasanya berkata “Ah-ha!”, ternyata itu adalah sebuah cerita.
2. Prolog Latar Belakang
Prolog Latar Belakang adalah jenis prolog yang menjelaskan tentang latar belakang cerita. Saat membuat Prolog ini, penulis harus memastikan bahwa informasi yang dibagikan di prolog latar relevan dengan isi cerita. Teknik prolog ini seringkali lebih berhasil dalam film karena kerangka waktu yang relatif singkat. Penulis memiliki lebih banyak waktu dan kesempatan untuk berbagi cerita dan pameran dalam buku ini.
3. Prolog Sudut Pandang Alternatif/Berbeda
Dalam beberapa cerita, penonton juga mendapat manfaat dari informasi atau sudut pandang yang tidak dapat diberikan oleh karakter utama atau sudut pandang. Jadi, prolog digunakan untuk menyampaikan ringkasan cerita kepada penonton. Contoh sukses dari jenis prolog ini dapat ditemukan di Boy in the Burning House oleh Tim Wynne-Jones atau City Ember oleh Jeanne DuPrau.
4. Trailer dan Teaser
Ada dua jenis trailer film dalam industri film, trailer dan teaser. Cuplikan teatrikal lebih panjang isinya daripada cuplikan. Dimana prolog jenis ini secara jelas dan kronologis menyampaikan plot atau alur utama cerita. Teaser sebagai prolog cerita sepertinya menjanjikan penonton dengan menitikberatkan sebagian besar adegan emosional yang menjadi daya tarik cerita.
5. Dual Draws (Prolog Janji)
Beberapa adegan pembuka memiliki dasi atau janji yang sangat berbeda dengan adegan-adegan selanjutnya. Jenis prolog ini bisa menjadi cara yang baik untuk menyatukan cerita dan menyeimbangkan penonton. Contoh film yang menggunakan prolog ini adalah The Greatest Showman.
Cara Membuat Prolog
Saat anda akan menulis prolog, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan diantaranya  adalah sebagai berikut.
1. Prolog harus semenarik mungkin, agar pembaca penasaran dengan isi cerita.
2. Pilih bagian konflik yang paling menarik dalam cerita.
3. Membuat prolog singkat.
4. Isi prolog harus sesuai dengan narasi karya.
5. Kalimat yang digunakan tidak harus berhubungan, tetapi tetap berhubungan.
Contoh Prolog
Berikut ini adalah dua contoh prolog yang telah diambil dari berbagai sumber sebagai bahan referensi.
Contoh Prolog 1
Saya tidak menyangka sebuah peristiwa yang berlangsung tidak lebih dari sepuluh menit akan benar-benar mengubah segalanya. Pasangan kaya mengambil Dilla dariku. Entah kenapa aku mengangguk ketika wanita berkalung emas itu bertanya padaku tentang Dilla. Perubahan yang saya miliki tidak dapat mendukung kehidupan kita bersama. Juga membayar sekolah Dilla ke universitas.
Contoh Prolog 2
Dunia sepertinya berhenti karena saya harus menerima kenyataan pahit memiliki ayah yang cacat. Saya ingin ayah yang lebih sempurna, seseorang yang tidak cacat seperti orang lain. Seorang ayah yang mendengar keinginan dan kekhawatiran saya. Di sini, di kamarku, aku tinggal berdua dengan ayahku setelah kematian ibuku beberapa tahun yang lalu.
Perbedaan Prorol dan Epilog
Padahal sebenarnya epilog dan prolog adalah dua hal yang sangat berbeda. Dalam pengucapan dan arti dari setiap kata juga sudah sangat berbeda. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui perbedaan antara epilog dan prolog dalam sebuah karya sastra.
Secara umum dan luas, prolog adalah bagian pembuka atau pendahuluan dari karya sastra, seperti cerpen, cerpen, drama, dan lain-lain. Prolog juga terkadang diartikan sebagai cara atau bagian dari penyajian isi sebuah karya sastra. Untuk lebih jelasnya ada dua perbedaan prolog dan epilog adalah sebagai berikut:
1. Penempatan yang berbeda
Seperti telah disebutkan sebelumnya, prolog berada di awal cerita, sedangkan epilog adalah bagian karya sastra yang berada di akhir cerita .
2. Perbedaan fungsi
Sementara fungsi epilog adalah untuk menyampaikan kesimpulan, memperkuat kontradiksi dan menyampaikan pesan cerita, prolog bertindak sebagai bagian yang memulai pengantar cerita.
Kesimpulan

Prolog merupakan narasi singkat yang dijelaskan oleh penulis terhadap suatu cerita yang berada pada awal penulisan. Hal ini bertujuan agar pembaca tertarik dengan cerita yang akan disugukan dan bahkan masuh banyak lagi fungsi dan manfaat akan keberadaan prolog yang baik. Sekilas memang bagi yang masih awan terlihat mirip dengan epilog, padahal jelas sangat berbeda dri segi penempatan, fungi dan gaya bahasa yang digunakan. Demikian tadi penjelasan tentang prolog, semoga dapat menambah wawasan anda tentang dunia sastra.

 

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tantangan Integrasi Nasional Dimensi Horizontal dan vertikal

17 Oktober 2023 - 08:26

sebutkan tantangan bangsa indonesia dalam membangun integrasi nasional

Faktor-Faktor Pendorong Integrasi Nasional

17 Oktober 2023 - 08:00

Faktor-Faktor Pendorong Integrasi Nasional

Sejarah integrasi Nasional Indonesia

17 Oktober 2023 - 07:45

Sejarah integrasi Nasional Indonesia

Integrasi Nasional : Makna, Pengertian, Macam-Macam Jenis, dan Pentinya Integrasi Nasional

17 Oktober 2023 - 07:33

faktor pembentuk integrasi nasional

Refleksi dan Argumentasi Pentingnya Identitas Nasional

17 Oktober 2023 - 07:07

Refleksi dan Argumentasi Pentingnya Identitas Nasional

Dinamika dan Tantangan Identitas Nasional

17 Oktober 2023 - 06:55

Dinamika dan Tantangan Identitas Nasional
Trending di Edukasi