Beranda » Jasa Maklon : Pengertian, Biaya, Ciri- ciri, Cara Kerja dan Keuntungannya
Jasa Maklon : Pengertian, Biaya, Ciri- ciri, Cara Kerja dan Keuntungannya

Jasa Maklon : Pengertian, Biaya, Ciri- ciri, Cara Kerja dan Keuntungannya

by Admin

Finaninsia – Barang-barang yang dikenakan PPN bukan hanya penyerahan barang, tetapi juga penyerahan jasa. Salah satu jasa yang dikenakan PPN adalah Jasa Maklon. Jasa  keuangan ini juga merupakan jenis Jasa yang ekspornya dikenakan PPN 0%.

Tujuan pengenaan PPN 0% atas ekspor Jasa Makloon adalah untuk mendorong ekspor melalui peningkatan daya saing sektor jasa nasional. Terlepas dari fakta bahwa Jasa ini dikenakan pajak penjualan, itu juga merupakan layanan yang remunerasinya dikenakan pajak penghasilan berdasarkan Bab 23.

Baca juga : Akad Kredit : Pengertian, Unsur – Unsur, Proses, dan Jenisnya

Pengertian Jasa Maklon

Istilah Maklon berasal dari bahasa Belanda maakloon, yang artinya “biaya produksi”. Kata maakloon kemudian diserap dalam bahasa Indonesia menjadi “maklon”. Istilah maklon sebenarnya sudah umum di dunia bisnis, khususnya di industri pakaian dan kosmetik. Dengan kata lain, maklon didefinisikan sebagai layanan penanganan produk yang disediakan oleh pihak lain atau perusahaan maklon.

Misalnya Anda menggunakan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Maklon jika Anda ingin menjalankan bisnis perawatan kulit atau skincare dengan merk atau brand sendiri namun memiliki modal yang terbatas. Tugas perusahaan adalah membuat produk berdasarkan ide yang ingin Anda terapkan.

Biaya Jasa Maklon

Pada tahap awal pembuatan produk, ketika kesepakatan telah dicapai untuk persetujuan pembuatan, formula dan bahan baku produk. Langkah selanjutnya, pengusaha mengambil sampel produk. Tujuannya agar tidak terjadi kesalahan dalam pembuatan produk. Selain itu, Anda dapat menggunakan sampel untuk melihat produk tepat sebelum diproduksi secara massal.

Dilansir dari MPM Beauty Harga pembuatan sample di MPM Beauty adalah Rp 500.000/item. Proses pengujian memakan waktu 5 hari kerja.

Ya, pastikan untuk mencari perusahaan pembayaran yang mengizinkan revisi. Jadi mereka mengizinkan Anda untuk mengubah komposisi jika sampel akhir tidak cocok untuk Anda. Sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membuat sample.

Sedangkan untuk biaya produksi yang dibutuhkan untuk membuat produk ada pada kisaran Rp 25.000.000- Rp 50.000.000. Tetapi itu juga tergantung dengan jenis produk yang dibuat, kuantitas, dan bahan baku formulasinya.

Perlu diketahui bahwa rincian biaya diatas hanya sebatas biaya pembuatan sample dan produksi belum termasuk biaya perizinannya.

Ciri-Ciri Jasa Maklon

Dengan mengetahui ciri-ciri Jasa Maklon yang tepat, Anda bisa memilih layanan terbaik yang tidak akan mengecewakan Anda. Berikut ciri-cirinya terpercaya!

1. Perusahaan sudah memiliki izin
Ciri pertama yang handal adalah memiliki izin usaha yang jelas. Memiliki lisensi sangat penting untuk jaminan kualitas dan menghindari layanan ilegal. Jadi jika Anda memilih untuk mengekspor Jasa Maklon, pastikan layanannya jelas, resmi, dan berkualitas. Meskipun Jasa ini berlisensi biasanya membebankan harga lebih tinggi, Namun, mereka lebih baik daripada yang ilegal.

2. Memiliki Manajemen yang Baik
Ciri selanjutnya adalah layanan tersebut memiliki manajemen yang baik. Manajemen yang baik berarti prosesnya tidak rumit, mudah bereaksi, tepat waktu dan tentunya bertanggung jawab. Manajemen pelayanan yang baik ternyata sangat berpengaruh terhadap kualitas produk yang dihasilkan lho! jadi jangan salah pilih!

3. Proses produksi sesuai standarisasi dan kualitas
Saat memilih ekspor Jasa Maklon, pastikan memilih jasa dengan standarisasi tingkat tinggi dalam proses produksinya. Untuk mengetahui standarisasi dan kualitas Jasa Maklon, Anda bisa melakukan survei terhadap Perusahaan atau produk Jasa Maklon sebelum memutuskan menggunakannya. Salah satu ciri Jasa Maklon yang berkualitas adalah mesin produksi kosmetik berukuran besar yang sudah memiliki izin BPOM dan Higienis.

4. Informasi biaya yang transparan
Jika cocok dan bersedia mengambil Jasa Maklon, maka hal yang sangat penting selanjutnya adalah memberikan biaya produksi yang transparan atau jelas. Biaya transparan sangat berguna untuk menghindari permintaan pembayaran mendadak dari perusahaan maklon. Layanan ekspor  Jasa Maklon yang andal memberikan informasi terperinci dan jelas tentang biaya sejak awal.

5. Memiliki Lahan dan Lokasi Yang Luas
Bagaimanapun, ciri-ciri perusahaan yang berkualitas adalah lahan yang luas, peralatan canggih dan, tentu saja, produksi kosmetik dari bahan baku berkualitas tinggi. Jasa Maklon paling tidak membutuhkan lahan minimal 5.000 hektar. Anda bisa mengeceknya langsung terlebih dahulu atau mencari informasi di internet.

Baca juga :Jasa Maklon, Pengertian, Ciri-cirinya

Bagaimana sistem  kerja Jasa Maklon

Sistem Maklon terdiri dari 3 komponen utama yaitu penyedia layanan, pengguna dan produk. Produk diproduksi oleh penyedia layanan berdasarkan pesanan yang dilakukan oleh pengguna layanan.

Konsep dan cara kerja Maklon sangat sederhana.

Pernahkah Anda menemukan atau membaca label paket untuk produk manufaktur yang berbunyi:

Produk X

Diproduksi oleh :
PT. A B C

Unutk :
PT. MNO

Distributor:

PT. XYZ

Ini adalah contoh sistem jasa maklon berkerja.

Gambaran sistem Maklon
Selain itu, Anda dapat lebih memahami sistem maklon dengan bantuan gambar berikut.

Ketiga perusahaan tersebut (PT ABC, PT XYZ dan PT MNO) memiliki kelebihan dan kekurangan.

PT ABC: Pabrik manufaktur yang mempunyai fasilitas produksi yang belum maksimal

PT PQR: Merek atau brand sudah terkenal luas

PT XYZ: Perusahaan memiliki jaringan penjualan yang luas di dalam dan luar negeri

Dengan demikian, PT ABC dan PT XYZ sepakat untuk memanfaatkan kelebihan dari masing-masing pihak  dengan menggunakan sistem maklon .

Dari gambar tersebut terlihat adanya kerjasama maklon antara produsen (produsen industri) dengan pemilik merek atau brand. Sistem kerjasama maklon, merupakan sistem kerjasama yang saling menguntungkan antara produsen dan pemilik merek.

Pabrik Maklon bisa lebih fokus produksi sesuai standar BPOM (tanpa memikirkan penjualan), sedangkan sebalik nya pemilik merek bisa lebih fokus memasarkan dan menjual produk (tanpa memikirkan produksi).

Keuntungan Jasa Maklon

1. Tidak perlu mengeluarkan modal dalam jumlah besar

Dengan adanya Jasa ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk biaya produksi. Karena Anda tidak perlu membangun pabrik kosmetik serta jasa ini juga bisa meringankan harga bahan karena melalui produksi massal. Maka Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan dari penjualan produk.

2. Tidak perlu memikirkan komponen produksi

Karena Jasa ini melakukan produksi massal tanpa campur tangan penyewa jasa,  sehingga anda tidak perlu lagi menyiapkan peralatan produksi dan bahan baku yang diperlukan.

Selain itu, anda tidak perlu merekrut karyawan, karena Jasa ini sudah memiliki tenaga ahli di bidang kosmetik.  Perusahaan juga memiliki alat yang diperlukan untuk pembuatan produk anda.

3. Proses persetujuan atau lisensi yang sangat mudah

Seperti yang Anda ketahui, untuk mendapatkan izin BPOM dan sertifikat produk Halal membutuhkan waktu yang sangat panjang, apalagi jika melakukan perizinan sendiri biasanya akan semakin sulit. Oleh karena itu, pihak maklon kosmetik akan membantu anda untuk mendapatkan izin edar BPOM dan sertifikat produk Halal, agar lebih cepat diproses dan tidak membuang banyak waktu.

4. Dapat menjual produk dengan harga bersaing

Keuntungan selanjutnya adalah Anda dapat memasarkan produk dengan harga yang kompetitif atau lebih tinggi. Tapi dengan harga dasar produk yang murah.

Selain itu, perusahaan kontraktor biasanya juga membantu produksi kosmetik Anda laku di pasaran, namun itu juga tergantung bagaimana Anda bekerja di industri kosmetik tersebut

Kesimpulan

Istilah Maklon berasal dari bahasa Belanda maakloon, yang artinya “biaya produksi”. Kata maakloon kemudian diserap dalam bahasa Indonesia menjadi “maklon”, Maklon didefinisikan sebagai layanan penanganan produk yang disediakan oleh pihak lain atau perusahaan maklon.

Sistem Maklon terdiri dari 3 komponen utama yaitu penyedia layanan, pengguna dan produk. Produk diproduksi oleh penyedia layanan berdasarkan pesanan yang dilakukan oleh pengguna layanan.

Salah satu keuntungan menggunakan Jasa Maklon,  Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk biaya produksi. Karena Anda tidak perlu membangun pabrik. Serta jasa ini juga bisa meringankan harga bahan karena melalui produksi massal. Maka Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan dari penjualan produk.

 

Advertisements
Advertisements

Related Posts

Leave a Comment