Menu

Mode Gelap

Ekonomi

Ekonomi Publik : Pengertian, Konsep Dasar dan Ruang Lingkupnya


 Ekonomi Publik : Pengertian, Konsep Dasar dan Ruang Lingkupnya Perbesar

Ekonomi Publik : Pengertian, Konsep Dasar dan Ruang Lingkupnya

Finaninsia – Membahas tentang ekonomi akan menjadi pembahasan yang menarik untuk dibahas. Apalagi pembahasan kali ini membahas tentang perekonomian suatu negara. Perekonomian suatu negra merupakan barometer atau tolak ukur kesejahteraan masyarakat yang ada di dalamnya. Hal ini dikarenakan perekonomian negara menjadi penopang utama keberlangsungan hidup masyarakat yang ada pada negara tersebut. Oleh karena itu perekonomian dalam suatu negara ini di kaji dengan menggunakan ekonomi publik atau ilmu keuangan negara. Ilmu keuangan negara merupakan suatu cabang ekonomi yang mempelajari tentang peran pemerintah negara terhadap kebijakan keuangan terhadap perekonomian yang bertujuan untuk kesejagteraan sosial. Supaya anda lebih paham dengan pembahasan tentang ekonomi keuangan negara silahkan simak artikel di bawah ini.

Pengertian Ekonomi Publik

Pengertiian ekonomi Publik atau yang bisa disebut dengan keuangan pemerintah merupakan cabang ilmu ekonomi yang menganalisis peran pemerintah dalam perekonomian dan juga pengaruh kebijakan keuangan publik terhadap perekonomian. Pemerintah memiliki peran penting untuk dimainkan dalam memastikan kesejahteraan sosial yang optimal, dan kebijakannya harus bertujuan untuk mengoreksi perilaku sosial yang mencegah ekonomi mencapai alokasi sumber daya keuangan yang lebih efisien.

Ekonomi publik atau yang lebih tepat disebut dengan ilmu ekonomi publik merupakan terjemahan dari bahasa Inggris yaitu Public Economics. Istilah publik dalam kamus besar bahasa Indonesia berarti orang banyak atau khalayak yang banyak, setiap orang yang datang (melihat, mengunjungi dsb). Pada saat yang sama menurut Kamus Oxford, penjelasan kata publik lebih panjang dan meluas yang mana mengartikkannya sebagai kebalikan dari privasi. Faktanya kita menggunakan kata serapan umum dan tidak dapat menemukan kata aslinya dalam bahasa Indonesia sebagai padanan umum. Hal ini menunjukkan bahwa konsep ini relatif baru di masyarakat Indonesia.

Advertisements

Bagi kebanyakan orang biasnya mengartikan garis antara urusan umum atau publik dan urusan pribadi atau privat mungkin belum cukup jelas. Ambiguitas atau ketidak jelasan ini dapat menyebabkan kekacauan, suatu contoh adalah pengelolaan dana pemerintah yang termasuk urusan publik tidak bisa dikelola secara privat sehingga tidak terjadi korupsi. Di sisi lain persoalan akidah dan keyakinan pribadi adalah urusan privat, sehingga negara tidak bisa mengintervensi untuk memastikan HAM tidak dilanggar di sini.

Baca juga : Jenis Devaluasi, Pengertian, Tujuan, Penyebab dan Dampaknya

Konsep Dasar Ekonomi Publik

Secara umum ekonomi publik dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari peran negara atau pemerintah dalam kehidupan ekonomi. Namun karena kajiannya lebih terfokus pada keuangan pemerintah, maka lebih sering disebut sebagai ilmu keuangan pemerintah sejak tahun 1970-an.

Mengapa disebut Ilmu Keuangan Publik? Pada dasarnya perekonomian negara mengkaji pengeluaran dan penerimaan negara. Sebagai ilmu berarti penyelidikan dan penjelasan berdasarkan metode dan sistematika tertentu. Metode sintesis dan analisis total serta metode analisis spesifik umum yang bersifat makro dan mikro dalam penerapannya.

Dalam teori ekonomi publik seperti yang dikatakan di atas, sebagian besar tentang badan hukum publik yang telah menerima hak berdasarkan hukum publik dan yang dapat berpartisipasi dalam proses bagian ekonomi yang termasuk dalam ilmu sosial kotor, ilmu alam tentang keuangan publik dan berurusan dengan isu-isu yang sangat terkait seperti halnya sektor publik, pendapatan pemerintah, pengeluaran pemerintah, kredit dan utang pemerintah serta kebijakan fiskal dan kebijakan moneter lainnya.

Menurut Poole (1956) dalam Ilyas (1989), ilmu keuangan publik berkaitan erat dengan empat tujuan utama pemerintah, yaitu menentukan tingkat dan sifat pengeluaran pemerintah, utang pemerintah, penerimaan pajak serta pengelolaan utang pemerintah. Tujuan dari ilmu keuangan publik ini adalah untuk menentukan alokasi sumber daya dan untuk menentukan pengaruh investasi tersebut terhadap kebutuhan individu atau kebutuhan masyarakat dan negara.

Kemudian menurut Newman (1968) dalam Ilyas (1989), ada dua hal pokok yang membentuk konsep ekonomi negara. Yang pertama adalah ruang lingkup dan tujuan pemerintah. Dalam hal ini yang menjadi batasan antara sektor publik dan juga sektor swasta dalam kegiatan ekonomi diubah. Terutama untuk mengetahui bagaimana kemampuan dari berbagai fungsi pemerintah kemungkinan akan mempengaruhi tingkat pendapatan dan lapangan kerja, efisiensi alokasi sumber daya dan pertumbuhan ekonomi sampai dengan pembangunan sektor swasta.

Kemudian hal pokok yang kedua yaitu berkaitan dengan perdebatan seputar perumusan ilmu keuangan publik dalam istilah non-moneter. Mungkin bagi beberapa orang istilah penjelasannya terdengar aneh, di mana konsep ini terpusat pada ekonomi ada kaitannya dengan uang. Dalam hal ini agar dapat menganalisis pungutan pajak, biaya transfer dan juga biaya-biaya lain yang berkaitan dengan pembiayaan produksi daerah.

Baca juga : Negosiasi : Pengertian, Tujuan, Tahap dan Jenis-jenisnya

Ruang Lingkup Ekonomi  Publik

Pembahasan tentang ilmu keuangan negara tentu saja sangat berkaitan dengan perekonomian negra tersebut. Ruang lingkup yang menjadi wewenang atau hubungan dari keuangan negra terdapat 4 ruang lingkup ekonomi  publik berikut ini.

1. Teori Pengeluaran Pemerintah

Teori ini membahas tentang keuangan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Melalui pengeluaran pemerintah, maka pemerintah dapat berusaha untuk mengembangkan arus atau pengeluaran ekonomi yang sesuai dengan hukum penawaran dan permintaan yang ada pada suatu negara dengan tujuan akhir yaitu untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan manusia atau masyarakatnya.

2. Teori pendapatan negara

Dalam teori pendapatan negara ini dibahas beberapa sumber pendapatan negara yang juga diamati dan dianalisis dengan metode perbandingan keuntungan dan kerugian berbagai bentuk pendapatan, serta prinsip-prinsip yang diterapkan pada pilihan sumber pendapatan negara yang berbeda dan juga diamati serta dianalisis/dibahas.

3. Teori Pengelolaan Keuangan

Teori ini berlaku untuk semua kegiatan di bidang keuangan, yang dimaksud dengan semua kegiatan di bidang kegiatan yaitu mencakup segala bidang keuangan negara termasuk masalah yang berkaitan dengan anggaran negara, pelaksanaan anggaran dan juga pengawasan anggaran negara.

Baca juga : Pengertian Kelangkaan : Ciri, Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

4. Teori Stabilisasi dan Pertumbuhan

 Teori ini umumnya sangat berkaitan dengan kebijakan ekonomi pemerintah dan teori ini biasanya juga memiliki  hubungan dengan kebijakan fiskal yang berhubungan langsung dengan pendapatan dan pengeluaran pemerintah.

Baru-baru ini dapat dilihat bahwa dari peran besar pemerintah dalam memastikan kesejahteraan sosialatau kesejahteraan masyarakat yang optimal dan kebijakan pemerintah ditunjukkan untuk memperbaiki perilaku manusia yang mencegah ekonomi dari alokasi sumber daya keuangan yang lebih efisien, redistribusi pendapatan masyarakat dan juga stabilitas keuangan maka dapat disimpulkan bahwa ekonomi pemerintahan menjadi begitu kompleks atau universal.

Baca juga : Contoh Ekonomi Publik

Kesimpulan

Ilmu ekonomi uang atau juga bisa disebut dengan ekonomi publi merupakan suatu ilmu dari cabang ekonomi yang mempelajari tentang kebijakan pemerintah dalam mengelola keuangan yang bertujuan untuk kesejahteraan sosial atau kesejahteraan masyarakatnya. Pengelolaan ini perlu dipelajari secara mendalam karena pengelolaan keuangan merupakan bagian yang krusial dan bersifat urgensy terhadap kehidupan sosial yang ada pada negara tersebut. Ilmu keuangan negara ini memiliki 4 teori yang dijadikan landasan dalam mengatur ekonomi negara sebagaimana telah dijelaskan pada artikel diatas. Demikian pembahasan tentang ekonomi publik atau ilmu keuangan negara yang dapat anda jadikan wawasan untuk nemambah pengetahuan anda seputar ekonomi dan keuangan, terima kasih.

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pengaruh Perubahan Pembelajaran dari Daring ke Pembelajaran Luring

1 April 2023 - 03:09

Pengaruh Perubahan Pembelajaran dari Daring ke Pembelajaran Luring

KPR (Kredit Pemilikan Rumah) : Pengertian, Jenis, Syarat dan Manfaatnya

1 Maret 2023 - 11:41

KPR (Kredit Pemilikan Rumah) : Pengertian, Jenis, Syarat dan Manfaatnya

Manajemen Aset: Pengertian, Manfaat, Tujuan, Fungsi dan Tips Untuk Perusahaan

27 Februari 2023 - 20:14

Manajemen Aset: Pengertian, Manfaat, Tujuan, Fungsi dan Tips Untuk Perusahaan

Motif Ekonomi : Pengertian, Macam-Macam Serta Tujuannya

19 Februari 2023 - 00:16

Motif Ekonomi : Pengertian, Macam-Macam Serta Tujuannya

Likuiditas Adalah: Pengertian, Jenis, Contoh dan Fungsinya

18 Februari 2023 - 00:34

Likuiditas Adalah: Pengertian, Jenis, Contoh dan Fungsinya

Laba Ditahan : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Karakteristik dan Faktornya

17 Februari 2023 - 02:29

Laba Ditahan : Pengertian, Tujuan, dan Faktor yang Mempengaruhinya
Trending di Ekonomi