Menu

Mode Gelap

Edukasi

Arti Epilog Adalah : Pengertian Contoh, Penerapan dan Perbedaan dengan Prolog


 Ciri- Ciri Epilog : Pengertian , Fungsi, Contoh, Penerapan dan Perbedaan dengan Prolog Perbesar

Ciri- Ciri Epilog : Pengertian , Fungsi, Contoh, Penerapan dan Perbedaan dengan Prolog

Finaninsia – Arti Epilog adalah kata penutup pada drama karya sastra.  Membaca novel atau buku sastra sejenisnya memanglah lebih mengasyikkan dibanding dengan membaca buku non fiksi yang lebih bersifat ilmiah. Namun seringkali seseorang tidak menyadari bahwa di dalam buku atau novel terdapat prolog dan epilog yang mampu menyampaikan pesan dari cerita yang terkandung dalam bacaan. Bahkan masih banyak yang belum mengetahui apa itu epilog. Artikel ini akan menjelaskan tentang apa itu epilog beserta fungsi, ciri-ciri epilog, contoh, penerapan dan perbedaanya dengan prolog. Agar anda lebih memahaminya, pelajari penjelasannya sebagai berikut.

Epilog Adalah

Apa itu epilog? Epilog adalah bagian penting dari sebuah cerita atau cerita. Namun terkadang banyak yang tidak menyadari keberadaan epilog karena pengemasannya terkesan dilakukan terpisah dari cerita utamanya. Sedangkan sebagai aturan umum, epilog dalam film, buku, sastra, atau sejenisnya adalah bagian dari cerita yang menunjukkan kesimpulan atau pesan dan pesan kepada penonton.

Kata utama epilog berasal dari bahasa Yunani, yaitu epilogos. Kata epilogos memiliki arti kesimpulan. Dalam banyak versi, epilog sering disebut outro, yang merupakan salah satu elemen terpenting dari karya tersebut, menghadirkan beberapa kejutan di akhir lagu. Selain itu, epilog biasanya juga bersifat retoris yang mana artinya, epilog mengajak para pembaca, pendengar atau penonton untuk menangkap pesan moral di balik kisah yang kaya akan kehidupan. adalah bagian penting dari sebuah cerita atau cerita. Namun terkadang banyak yang tidak menyadari keberadaan epilog tersebut, karena pengemasannya terkesan dilakukan terpisah dari cerita utamanya.

Bentuk epilog ini juga bisa berbeda-beda tergantung gaya pengarang dan format karya seninya. Ada bentuk epilog yaitu semacam refleksi konflik, yang mengandung nilai-nilai tertentu, bahkan berupa kata-kata bijak pengarang tentang akhir cerita. Epilog juga bisa berupa pelajaran, pesan, dan pesan moral penting yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca atau penonton.

Baca juga : Jenis Prolog : Pengertian, Contoh, Cara Membuat dan Perbedaan Prolog dan Epilog

Penerapan Epilog

Berada di akhir sebuah karya seni menjadikan epilog sebagai perwujudan pesan yang ingin disampaikan seniman kepada penontonnya, yaitu. pembaca, pendengar dan pemirsa. Selain sebagai pesan, epilog juga banyak digunakan sebagai cara penyelesaian konflik dalam karya sastra.

Ketika berbicara tentang konflik, epilog digunakan sebagai kesempatan untuk menyelesaikan masalah yang diungkapkan atau dialami oleh tokoh-tokoh dalam cerita sebelumnya. Dalam hal ini, tujuan penerapan epilog di akhir cerita adalah untuk menafsirkan isi cerita seperti yang sebenarnya dimaksudkan oleh pengarangnya.

Sebenarnya tidak semua cerita, dongeng, lakon atau film menggunakan epilog, tetapi untuk memberikan pemahaman kepada pembaca, dengan kata lain pembaca harus memahami maksud atau tujuan dari cerita tersebut. Jika ingin mencari epilog seni sastra, caranya sangat mudah yaitu cukup pergi ke akhir cerita dan anda akan segera menemukan bagian epilog yang anda maksud.

Perbedaan Epilog dan Prolog

Padahal sebenarnya epilog dan prolog adalah dua hal yang sangat berbeda. Dalam pengucapan dan arti dari setiap kata juga sudah sangat berbeda. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui perbedaan antara epilog dan prolog dalam sebuah karya sastra.

Secara umum dan luas, prolog adalah bagian pembuka atau pendahuluan dari karya sastra, seperti cerpen, cerpen, drama, dan lain-lain. Prolog juga terkadang diartikan sebagai cara atau bagian dari penyajian isi sebuah karya sastra. Untuk lebih jelasnya ada dua perbedaan prolog dan epilog adalah sebagai berikut:

1. Penempatan yang berbeda
Advertisements

Seperti telah disebutkan sebelumnya, prolog berada di awal cerita, sedangkan epilog adalah bagian karya sastra yang berada di akhir cerita .

2. Perbedaan fungsi

Sementara fungsi epilog adalah untuk menyampaikan kesimpulan, memperkuat kontradiksi dan menyampaikan pesan cerita, prolog bertindak sebagai bagian yang memulai pengantar cerita.

Contoh Epilog

Di atas telah dijelaskan dengan sangat rinci tentang definisi epilog, ciri-ciri dan lain sebagainya. Agar anda semakin jelas berikut adalah dua contoh dari teks epilog yang diambil dari berbagai sumber sebagai bahan referensi.

Contoh 1

Pada hari itu, Yunna merasa senang, meski sempat bingung dengan sikap Dannis yang bertanya-tanya tadi. Namun meski begitu, kejadian sore itu membuatnya tersenyum bahagia, melihat tingkah dua cowok yang membuatnya bahagia dan meninggalkan kenangan tersendiri bagi Yunna dan kejadian tersebut tak akan pernah ia lupakan.

Contoh 2

Faiza mengerti apa yang ibu dan ayahnya katakan. Ternyata setiap orang harus jujur ​​agar tidak korupsi. Kalau tidak jujur, bisa ditangkap seperti orang berbaju jingga. Faiza tidak mau seperti itu.

Kesimpulan

Epilog adalah merupakan teks yang berfungsi untuk menyampaikan pesan, pelajaran dan lain sebagainya dalam sebuah alur cerita pada buku atau novel. Selain itu epilog juga memiliki berbagai fungsi yang lainnya sebgaimana dijelaskan pada artikel ini. Setelah anda memahami penjelasan dari epilog anda mungkin dapat mempelajari cara pembuatannya dengan memperhatikan ciri-ciri, fungsi dan penerapannya seperti yang tertulis di atas. Demikian penjelasan tentang epilog pada sebuah buku, novel atau karya sastra lainnya yang dapat anda jadikan sebagai edukasi dan untuk menambah wawasan anda, terima kasih.

 

 

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tantangan Integrasi Nasional Dimensi Horizontal dan vertikal

17 Oktober 2023 - 08:26

sebutkan tantangan bangsa indonesia dalam membangun integrasi nasional

Faktor-Faktor Pendorong Integrasi Nasional

17 Oktober 2023 - 08:00

Faktor-Faktor Pendorong Integrasi Nasional

Sejarah integrasi Nasional Indonesia

17 Oktober 2023 - 07:45

Sejarah integrasi Nasional Indonesia

Integrasi Nasional : Makna, Pengertian, Macam-Macam Jenis, dan Pentinya Integrasi Nasional

17 Oktober 2023 - 07:33

faktor pembentuk integrasi nasional

Refleksi dan Argumentasi Pentingnya Identitas Nasional

17 Oktober 2023 - 07:07

Refleksi dan Argumentasi Pentingnya Identitas Nasional

Dinamika dan Tantangan Identitas Nasional

17 Oktober 2023 - 06:55

Dinamika dan Tantangan Identitas Nasional
Trending di Edukasi