Beranda » Chief Executive Officer (CEO) : Pengertian, Tugas , dan Gajinya
Chief Executive Officer (CEO) : Pengertian, Tugas , dan Gajinya

Chief Executive Officer (CEO) : Pengertian, Tugas , dan Gajinya

by Admin

Finaninsia – Memiliki pekerjaan yang layak dan gaji yang besar memang menjadi impian banyak orang, namun banyak yang tidak sadar dibalik gaji yang besar pasti juga adanya tanggung jawab dan tugas yang besar pula. Seperti halnya menjadi Chief Executive Officer (CEO) atau direktur pelaksana.

Pekerjaan tersebut memang terkesan keren dan hebat, belum lagi ditambah dengan pendpatan yang sangat besar. Untuk lebih jelasnya apa itu CEO, dan apa saja peran dari pekerjaan ini beserta berapa gaji yang didapatkan oleh CEO, silahkan simak pejelasannya sebagai berikut.

Pengertian Chief Executive Officer (CEO)

Apa itu CEO ? Chief Executive Officer (CEO) atau direktur pelaksana adalah jabatan tertinggi dalam perusahaan dan bertanggung jawab atas keberhasilan usaha yang dikelolanya. Umumnya, CEO dipilih oleh dewan dan pemegang saham. Dalam bisnis, tugas CEO adalah mengelola seluruh perusahaan, membuat keputusan penting dan menjadi titik komunikasi utama dengan dewan dan pemegang saham.

Selain yang disampaikan di atas, ada peran CEO yang bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lain dan bergantung pada ukuran perusahaan, budaya, dan struktur perusahaan. Umumnya, di perusahaan besar, CEO hanya terlibat dalam pengambilan keputusan strategis tingkat tinggi dan semua hal yang berkaitan dengan pertumbuhan perusahaan.

CEO merencanakan, misalnya, strategi bisnis dan menentukan keputusan operasional manajemen puncak. Di perusahaan yang lebih kecil, CEO seringkali memiliki peran yang lebih aktif dan terlibat dalam operasi perusahaan sehari-hari. CEO juga terlibat dalam merekrut karyawan dan membantu proyek bisnis yang relatif kecil.

Baca juga : Dropship : Pengertian, Cara Menjalankan dan Keuntungan Dropship

Tugas Chief Executive Officer (CEO)

Secara umum, CEO bertanggung jawab untuk mengarahkan, memotivasi, dan mengembangkan tim agar bisnis berjalan sesuai dengan strategi, visi, dan misi perusahaan. Namun, peran CEO mungkin tidak sama di semua perusahaan. Hal tersebut disesuaikan menurut skala, budaya dan struktur perusahaan.

Di perusahaan besar, CEO biasanya hanya berurusan dengan keputusan strategis tingkat tinggi dan semua hal yang berkaitan dengan pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan. Misalnya, perencanaan strategi bisnis dan pengambilan keputusan operasional manajemen puncak.

Sedangkan di perusahaan kecil, CEO seringkali lebih aktif dan terlibat dalam operasi sehari-hari. Misalnya, berpartisipasi dalam perekrutan karyawan, menciptakan lapangan kerja untuk tim, dll. Pada dasarnya, CEO menangani isu-isu yang lebih strategis seperti pertemuan dengan para eksekutif atau pertemuan lainnya.

Berbagai rencana dan strategi untuk pengembangan dan adaptasi lebih lanjut dari model bisnis anda biasanya lahir dari pertemuan ini. CEO juga dianggap sebagai wajah perusahaan yang dikelolanya. Tidak heran jika CEO memiliki lingkaran sosial yang luas dan dikenal banyak orang. Hal ini menunjukkan bahwa CEO tidak hanya bekerja di lingkungan perusahaan, tetapi juga harus menciptakan citra yang baik bagi publik.

Selain yang telah tertulis di atas, peran dari CEO dapat dikategorikan menjadi beberapa hal. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa peran CEO.

1. Menetapkan tujuan bisnis

Tugas pertama CEO adalah mengembangkan rencana bisnis perusahaan dan mengevaluasi profitabilitas rencana bisnis tersebut. Selain itu, CEO juga memiliki tanggung jawab penting untuk mengawasi kegiatan departemen dan subdivisi di bawahnya, agar kegiatannya sejalan dengan visi dan misi perusahaan.

2. Direktur utama bertindak sebagai perwakilan perusahaan

Menjadi direktur utama berarti dia adalah tokoh utama dari perusahaan yang dikelola. Jadi bisa dikatakan CEO adalah wajah utama perusahaan. Oleh karena itu, kehadiran CEO di mata publik berdampak signifikan terhadap persepsi publik terhadap produk atau merek dan perusahaan yang dikelolanya.

Baca juga: Entrepreneurship : Definisi, Tujuan, Manfaat, dan Tahapan-Tahapan Entrepreneur

3. Membangun tim yang kuat

Meskipun CEO memegang peranan penting dalam membangun dan memajukan perusahaan dan bisnis, tentunya CEO tidak dapat bekerja sendiri. Oleh karena itu, CEO memiliki manajer atau posisi di bawahnya. Orang-orang di bawah CEO kemudian dibentuk menjadi sebuah tim. Untuk menyelesaikan pekerjaan dengan benar, tim juga harus kompak dan solid.

Lebih tepatnya dalam hal ini peran CEO adalah menghubungkan karyawan dengan pimpinan perusahaan. CEO juga harus mampu membangun lingkungan kerja yang nyaman sehingga tercipta solidaritas kolektif.

4. Pembagian anggaran rencana pengeluaran

Perusahaan pasti membutuhkan jumlah dan modal tertentu untuk berhasil melanjutkan usahanya. Sumber daya ini harus direncanakan dalam anggaran rencana pengeluaran. CEO dan manajemen lainnya memiliki peran masing-masing dalam menyusun anggaran.

Anggaran rencana belanja tidak bisa direncanakan sembarangan, namun membutuhkan proses analisis dan evaluasi yang panjang. Tujuannya adalah untuk mengarahkan alokasi anggaran. Selain itu, risiko untung atau rugi perusahaan menjadi tanggung jawab CEO.

Kisaran gaji Chief Executive Officer (CEO) di Indonesia

Tugas CEO dalam start-up biasanya mengimplementasikan visi dan misi perusahaan yang dikelolanya, seringkali CEO mengontrol keuangan dan sumber daya manusia perusahaan dan memastikan semuanya berjalan sesuai anggaran.

Menurut OCBC NISP, gaji CEO Indonesia dapat meningkat menjadi Rp 130-250 juta per bulan pada tahun 2021 dengan tanggung jawab dan tugas yang tinggi. CEO dengan demikian menerima pendapatan tahunan sebesar Rp 1,5-3 miliar. Sungguh angka yang sangat besar untuk  sebuah pendapatan.

Namun besaran gajinya juga disesuaikan dengan startup dan perusahaan, biasanya gaji CEO tersebut di atas adalah CEO yang bekerja di startup unicorn. Sehingga bisa dikatakan pertumbuhan e-commerce di Indonesia cukup tinggi, dan tidak heran jika CEO Balls startup unicorn di Indonesia bisa mendapatkan gaji ratusan juta per bulan.

Berapa gaji manajer perusahaan di Indonesia? Tidak seperti perusahaan rintisan yang dipimpin oleh seorang CEO, bisnis korporat atau tradisional dijalankan oleh seorang manajer. Anda juga perlu tahu apakah manajer adalah anggota dewan. Dengan demikian, perusahaan Indonesia biasanya memiliki beberapa manajer. Manajer juga sering disebut komisaris atau direktur. Apakah direktur dan CEO di Indonesia memiliki gaji yang sama? Mari kita lihat hasilnya! gaji pengurus perusahaan BUMN atau perusahaan negara adalah sebagai berikut:

1. PT Bank Mandiri Tbk PT Bank Mandiri memiliki 12 direksi dengan total kompensasi Rp 28,37 miliar. Gaji pribadi rata-rata Rp 5,95 miliar per bulan.

2. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk PT Bank Rakyat Indonesia memiliki 12 direksi dengan total kompensasi Rp 365,36 miliar. Gaji pribadi rata-rata Rp 5,07 miliar per bulan.

3. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk PT Telekomunikasi Indonesia memiliki 9 direktur dengan total kompensasi Rp 2 0 miliar. Jadi rata-rata gaji pribadi Rp , miliar per bulan.

Maksud dengan kata gaji adalah jumlah total seluruh gaji yang meliputi kompensasi, bonus dan tunjangan tenaga kerja jangka panjang. Biaya rata-rata juga dihitung dengan membagi total biaya dengan berapa banyak papan yang ada di perusahaan, kemudian juga dibagi setengah tahun. Tentu akan ada perbedaan gaji antara CEO dan manajer perusahaan di Indonesia, karena perbedaan juga bentuk perusahaan.

Baca juga : Pengertian Agen, Jenis, Tugas, Ciri-Ciri, Perbedaan Dengan Distributor

Kesimpulan

Apa itu CEO ? CEO adalah orang mengelola seluruh perusahaan, membuat keputusan penting dan menjadi titik komunikasi utama dengan dewan dan pemegang saham.

Dalam sebuah perusahaan yang besar selalu tidak dapat dilepaskan oleh stake holder yang ada di tubuh perusahaan. CEO merupakan bagian yang sangat penting untuk menentukan masa depan perusahaan. CEO memiliki peran dan tanggung yang besar sehingga menjadi hal yang sangat lumrah jika CEO mendapat gaji atau pendapatan yang fantastis. Demikian tadi penjelasan tentang peran, tanggung jawab dan kisaran gaji yang diperoleh CEO, semoga dapat menjadi motivasi anda dalam bekerja, terima kasih.

 

Advertisements
Advertisements

Related Posts

Leave a Comment