Menu

Mode Gelap

Edukasi

Analisis Diri Sendiri dan keorganisasian


 Analisis Diri Sendiri dan keorganisasian Perbesar

Analisis Diri Sendiri dan keorganisasian

finaninsia – Dalam konsep diri tidak dibawa sejak lahir namun, dengan cara terbentuknya melalui proses sedikit demi sedikit dengan berkembangnya kemampuan dalam persepsi individu.

Dalam konsep diri manusia dengan terbentuknya, melalui proses belajar sejak masa pertumbuhan seseorang dari usia balita hingga dewasa. Dengan demikian, peranan pendidikan sangat penting untuk mengembangkan segala potensi yang ada pada diri manusia.

Melalui pendidikan peserta didik dibina untuk menjadi dirinya sendiri, dengan melalui kurikulum pengajaran yang inofativ, peserta didik diarahkan untuk menjadi seseorang yang berkualitas, yang mampu menghadapi tantangan dan perubahan zaman bahkan mampu mengendalikannya.

Pembentukan konsep diri pada mahasiswa dapat dilihat dari karakteristik yang beragam. Keberagaman ini tidak lain karena keberadaan sifat dan lingkungan hidup dari mahasiswa itu sendiri.

Proses pembentukan konsep diri dimulai sejak kecil hingga dewasa, dengan dipengaruhi oleh pola asuh orang tua, lingkungan dan pengalaman. Konsep diri ini bersifat dinamis, maksudnya adalah konsep diri tidak statis atau menetap namun dapat mengalami perubahan.

Faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri Pada Individu

Beberapa faktor yang mempengaruhi konsep diri pada individu yaitu:

Baca juga : PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI
1. Pola asuh orang tua

Orang tua adalah sebagai pendidik utama dalam keluarga memegang peran penting dalam perkembangan kepribadian anak.

2. Kegagalan

Ada kemungkinan dalam menjalani tugas perkembangan mengalami hambatan yang dapat mengakibatkan kegagalan individu.

3. Depresi

Orang yang sedang mengalami depresi akan mempunyai pemikiran yang cenderung negatif dalam memandang dan merespon segala sesuatunya termasuk menilai dirinya sendiri.

4. Stress

Penyebab stress pada mahasiswa biasanya beruba dengan beban mata kuliah dan tugas yang berlebihan dari kemampuannya.

Mahasiswa yang mandiri, berkualitas dan memiliki konsep diri yang tinggi akan mmengambil 2 aspek yaitu: aspek pikiran & aspek perasaan. Aspek pikiran berhubungan tentang analisis kriteria pelaku yang bersifat subyektif, sedangkan aspek perasaan berhubungan dengan empati dan simpati yang prinsipnya menjaga keseimbangan antara penggunaan nalar dan perasaan.

Dalam pendidikan islam adalah suatu bagian dari agam islam itu sendiri. Dasar yang dipakai dalam pendidikan islam adalah argumen yang terdapay di Al-Qur’an dan hadistyang membuat secara global ataupun rinci tentang pendidikan islam. Selain itu juga digunakan dan dipakai untuk ketentuan yang didalam sejarah pendidikan islam telah teruji substansinya.

Orientasi Pokok Pendidikan Islam

Pendidikan islam memiliki 2 orientasi pokok, yaitu :

Advertisements

1. Mengabdi kepada Allah dan memahami sebagai khalifah dimuka bumi. Orientasi ini berguna untuk mendesain keyakinan mahasiswa agar tetap terbingkai dalam nilai – nilai dan moralitas islam.

2. Mendidik dengan memahami adanya fitrah mahasiwa, pada batas ini maka tidak hanya materi pendidikan islam saja yang urgen tetapi metode dan proses pembelajaran pun menjadi penting.

Pengertian Keorganisasian

Keorganisasian adalah : suatu badan yang di mana di dalamnya terdiri dari beberapa orang yang mempunyai Visi dan Misi yang sama. Atau organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan.

Definisi Organisasi

Secara etimologi organisasi berasal dari kata organ yaitu struktur atau susunan tubuh yang terdiri dari kepala, badan dan kaki. Secara terminologi organisasi adalah perkumpulan dua orang atau lebih yang memiliki tujuan tertentu.

Jadi bisa kita pahami mengenai organisasi adalah wadah berkumpulnya sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama, kemudian mengorganisasikan diri dengan bekerja sama dan manajemen organisasi untuk mencapai.
Baca juga : Manajemen Keuangan : Pengertian, Ruang Lingkup, Tujuan, Fungsi dan Prinsip-Prinsipnya

Syarat Organisasi

Untuk terbentuknya suatu organisasi memerlukan beberapa syarat untuk dapat berlangsungnya organisasi tersebut antara lain :

A. Tujuan adalah yang mengarahkan jalannya organisasi

B. Aturan adalah yang dibuat dan untuk memaksa setiap orang yang tergabung didalam organisasi agar disiplin dan teratur dalam menjalankan tugas, fungsi, wewenang, tanggung jawab dan kewajiban dalam organisasi.

C. Pengurus adalah yang menggerakkan langkah organisasi sesuai tujuan dan aturan yang ada.

D. Anggota adalah yang digerakkan bukan dalam artian tidak memiliki hak untuk bertindak ketika ada pelanggaran yang dilakukan oleh pengurus.

Jenis-Jenis Organisasi

A. Formal adalah organisasi yang memiliki aturan main secara tertulis dan dijadikan sebagai acuan dalam menjalankan program kerja. Seperti AD/ART, dll.

B. Non formal adalah organisasi yang aturannya dipahami secara umum dan tidak tertulis. Seperti kelompok masyarakat di suatu lingkungan, dll.

C. In formal adalah organisasi skala kecil yang pengaturannya secara alamiah seperti rumah tangga.

Sifat-Sifat Organisasi

a. Independen adalah organisasi yang berdiri sendiri dan tidak memiliki hubungan konstitusi dengan organisasi lain (non struktural dengan organisasi lain).

b. Non Independen adalah organisasi yang memiliki hubungan konstitusi dengan organisasi lain.

Manfaat Organisasi

Sebuah organisasi tidak hanya harus memiliki tujuan, akan tetapi juga harus memiliki manfaat terutama bagi anggotanya. Salah satu manfaat yang bisa di dapat dari sebuah organisasai adalah membentuk mental individu yang berani dalam mengungkapkan pendapat di depan umum, bertukar pikiran, kerjasama dalam sebuah tim untuk dapat tercapai tujuan dari organisasi tersebut.

Adapun manfaat yang didapat dari sebuah organisasi, adalah melatih leadership, memperluas relasi dan pergaulan, pembelajaran kerja yang sesungguhnya, pembentukan terhadap karakteristik seseorang, peningkatan terhadap wawasan serta pengetahuan seseorang, mampu menghadapi segala tekanan yang diberikan, serta mampu mendesain serta menciptakan management waktu.

Di buat oleh : Ulwan Chasbi

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tantangan Integrasi Nasional Dimensi Horizontal dan vertikal

17 Oktober 2023 - 08:26

sebutkan tantangan bangsa indonesia dalam membangun integrasi nasional

Faktor-Faktor Pendorong Integrasi Nasional

17 Oktober 2023 - 08:00

Faktor-Faktor Pendorong Integrasi Nasional

Sejarah integrasi Nasional Indonesia

17 Oktober 2023 - 07:45

Sejarah integrasi Nasional Indonesia

Integrasi Nasional : Makna, Pengertian, Macam-Macam Jenis, dan Pentinya Integrasi Nasional

17 Oktober 2023 - 07:33

faktor pembentuk integrasi nasional

Refleksi dan Argumentasi Pentingnya Identitas Nasional

17 Oktober 2023 - 07:07

Refleksi dan Argumentasi Pentingnya Identitas Nasional

Dinamika dan Tantangan Identitas Nasional

17 Oktober 2023 - 06:55

Dinamika dan Tantangan Identitas Nasional
Trending di Edukasi