Menu

Mode Gelap

Perbankan · 17 Apr 2023 03:00 WIB ·

Sejarah Uang dari Munculnya Hingga Masa Sekarang


 Sejarah Uang dari Munculnya Hingga Masa Sekarang Perbesar

Sejarah Uang dari Munculnya Hingga Masa Sekarang

Sejarah Uang

Secara singkat, ada beberapa periode sejarah moneter dalam peradaban manusia yang telah kami rangkum di bawah ini.

1. Masa sebelum terciptanya uang

Masa sebelum terciptanya uang disebut juga dengan masa sebelum pertukaran. Saat itu masyarakat hidup dengan berburu dan meramu dan belum mengenal bisnis.

2. Masa munculnya alat tukar baru

Sejarah uang baru dimulai ketika manusia mulai membutuhkan alat tukar untuk bertransaksi guna mencari nafkah melalui bisnis. Namun sebelum adanya uang, bisnis dilakukan melalui sistem pertukaran barang seperti barter dan uang barang. Exchange adalah pelopor dalam sejarah moneter.

a. Barter

Barter adalah pertukaran barang antara dua pihak atau lebih berdasarkan kesepakatan, sehingga masing-masing pihak menerima barang yang diinginkan. Misalnya, misalkan seseorang memiliki sekantong ubi dan membutuhkan seekor ayam. Sebagai gantinya, dia harus menemukan seseorang yang membutuhkan sekantong ubi dan memiliki seekor ayam.

b. Uang komoditas

Sedikit demi sedikit, sistem pertukaran mulai menggantikan penciptaan uang komoditas. Komoditas uang merupakan komoditas primer yang memiliki nilai tinggi dan diterima oleh masyarakat luas. Misalnya, pada zaman Romawi, garam merupakan alat tukar sekaligus pembayaran upah pekerja. Meskipun lebih mudah daripada tukar, uang panas memiliki beberapa kelemahan. Mereka sulit disimpan, sulit diangkut, mudah rusak dan sulit ditentukan nilainya.

3. Masa Penciptaan Koin

Ketika pikiran manusia berkembang, mereka mulai menemukan cara transaksi yang lebih sederhana. Di sinilah pembuatan koin dimulai. Logam tampaknya lebih efisien karena lebih bernilai, tahan lama, dan mudah diangkut. Sejarah koin dimulai ketika raja Turki Lydia Alyattes berhasil mencetak koin resmi dari campuran perak dan emas. Koin-koin ini dicap dengan gambar yang menunjukkan wilayah tempat uang kertas dikeluarkan. Namun, ketersediaan koin mulai menurun saat pasokan emas dan perak mulai dibatasi.

4. Zaman Penemuan Uang Kertas

Pada masa Dinasti Tang, seseorang bernama Ts’ai Lun mulai membuat uang kertas dari kulit pohon murbei. Akhirnya, uang kertas mulai menyebar ke seluruh dunia, mendorong beberapa negara untuk ikut serta dalam penciptaan uang kertas.

5. Masa munculnya transaksi pembayaran nontunai (cashless)

Munculnya transaksi pembayaran nontunai ditandai dengan diciptakannya kartu kredit pada tahun 19 6 oleh Flatbush National Bank of Brooklyn. Hingga saat ini banyak orang yang memilih menggunakan kartu kredit karena dianggap lebih praktis. Tidak hanya melalui kartu kredit, kini transaksi dapat dilakukan secara digital melalui aplikasi fintech seperti ONE Mobile, sehingga memudahkan transaksi online.

6. Waktu Penciptaan Uang Elektronik Bitcoin

Dengan perkembangan teknologi, orang telah berhasil menciptakan uang digital. Mata uang digital pertama dikatakan diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 dengan nama Bitcoin. Fungsi utama Bitcoin adalah sebagai sarana transaksi di Internet tanpa perantara perbankan

7. Sejarah Uang di Indonesia

Perkembangan sejarah uang di dunia melewati banyak periode yang panjang. Begitu pula dalam penciptaan mata uang rupiah di negara kita yang dimulai sejak zaman kerajaan. Dari asal muasal uang logam hingga uang kertas dan sejarah uang di Indonesia.

a. Sejarah uang logam Indonesia Masehi 600-1800

Kerajaan-kerajaan di Indonesia menggunakan koin untuk transaksi. Dinasti Syailendra mencetak koin emas dan perak pertama antara abad ke-8 dan ke-12. Selain koin emas dan perak, mutiara yang digulung digunakan sebagai barter di beberapa kerajaan.

Pelopor mata uang mutiara ini adalah kerajaan Sriwijaya yang menyebar ke Jawa, Kalimantan dan Indonesia bagian timur. Di akhir abad ke-13. Pedagang dari Tiongkok mulai berdatangan dan berbisnis, oleh karena itu koin tembaga mulai digunakan. Setelah penjajahan Belanda dari tahun 1600 sampai 19 2, koin perak Belanda, Rijksdaalder menjadi alat tukar umum di Indonesia.

b. Sejarah uang kertas di Indonesia

Pada tahun 17 8 VOC mulai memperkenalkan uang kertas kepada masyarakat dalam bentuk sertifikat. Ketika De Javasche Bank didirikan di Indonesia pada tahun 1828, uang kertas 5-emas dan lebih besar mulai beredar, menjadi mata uang Indonesia. Selama keberadaannya, De Javasche Bank mengeluarkan beberapa uang kertas yaitu J.P. Coen, Seri Mercury, Seri Bingkai, Seri Boneka.

Mata uang kertas Invasi dikeluarkan dalam 3 angka pada masa pendudukan Jepang. Diantaranya adalah mata uang dalam bahasa Belanda, uang kertas dengan tulisan “Dai Nippon Government” dan surat dengan tulisan “Dai Nippon Teikoku Seihu”. Setelah kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada tahun 19 6, pemerintah membuka Bank Negara Indonesia sebagai bank sentral Indonesia. Pada tahun yang sama, ORI (Oeang Repoeblik Indonesia) mulai diterbitkan. ORI ini menjadi kerak seperti yang kita kenal sekarang.

 

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Sejarah Uang Klasik di Berbagai Negara

1 Maret 2023 - 23:43 WIB

Sejarah Uang Klasik di Berbagai Negara

Instrumen Kebijakan Moneter : Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Contohnya

27 Februari 2023 - 20:38 WIB

Instrumen Kebijakan Moneter : Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Contohnya

Perbedaan Debit dengan Kredit

18 Februari 2023 - 15:41 WIB

Perbedaan Debit dengan Kredit

Debit dan Kredit : Pengertian, Penggunaan, dan Perbedaannya

18 Februari 2023 - 11:27 WIB

Debit dan Kredit : Pengertian, Penggunaan, dan Perbedaannya

Nisbah : Pengertian, Karakteristik, Jenis – Jenisnya dan Akadnya

18 Februari 2023 - 01:52 WIB

Pengertian Nisbah: Karakteristik, Jenis, dan Akadnya

KUR ( Kredit Usaha Rakyat ) : Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Cara Mendapatkannya

17 Februari 2023 - 03:35 WIB

KUR ( Kredit Usaha Rakyat ) : Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Cara Mendapatkannya
Trending di Perbankan