Menu

Mode Gelap

Edukasi · 2 Jan 2023 17:58 WIB ·

Pengertian Visi Misi, Perbedaan, Fungsi, Manfaat, dan Contohnya


 Pengertian Visi Misi, Perbedaan, Fungsi, Manfaat, dan Contohnya Perbesar

Pengertian Visi Misi, Perbedaan, Fungsi, Manfaat, dan Contohnya

Finaninsia – Semua orang mungkin sudah pernah mendengar kata visi dan misi, sehingga kata ini sangatlah tidak asing lagi bagi khalayak umum. Namun ternyata tidak semua dari mereka paham  pengertian  visi dan misi, tujuan visi dan misi , manfaat visi dan misi  serta perbedaan visi dan misi itu sendiri. Jika anda adalah seseorang yang aktif bergerak di dalam organisasi, perusahaan, instansi dan lain sebagainya, anda wajib mengetahui dan memahami apa perbedaan dari visi dan misi, bagaimana cara membuatnya, dan apa saja fungsi dari misi dan misi, dan masih banyak lagi. Maka dari itu kami akan membantu anda mengerti  tentang seputar pengertian visi dan misi, dengan membaca artikel di bawah ini.

Pengertian Visi dan Misi

Pengertian visi adalah sekumpulan kata yang menunjukkan mimpi, cita-cita atau nilai inti organisasi, perusahaan atau instansi, tujuan masa depan kantor, organisasi atau perusahaan, pemikiran di benak para pendiri. Pikiran-pikiran ini adalah gambaran masa depan yang ingin anda capai.

Selain itu visi juga diartikan sebagai pandangan tentang arah manajemen. Ke mana kepemimpinan harus memimpin? Untuk mewujudkan suatu kesuksesan, maka harus adanya arah yang jelas untuk menentukan langkah perusahaan atau instansi.

Jika visi adalah gagasan tujuan utama, maka misi adalah langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai visi tersebut. Selain itu, misi juga merupakan gambaran atau tujuan mengapa suatu perusahaan, organisasi atau instansi berada di tengah masyarakat.

Anda juga dapat mengatakan bahwa tugas menggambarkan visi. Jika visi ditulis dalam satu kalimat, maka tugasnya dijelaskan dalam beberapa kalimat yang mudah dipahami oleh pembaca atau orang yang melihat.

Jika disimpulkan maka devinisi dari misi adalah bentuk penjabaran dari visi perusahaan, instansi atau organisasi. Pernyataan misi adalah langkah-langkah atau langkah-langkah yang harus dilalui oleh perusahaan, lembaga atau organisasi untuk mencapai visi utamanya. Peran utama dari setiap kata atau kalimat yang terkandung di dalam misi adalah langkah-langkah yang dapat membantu mencapai atau terwujudnya visi utama.

Perbedaan Umum Visi dan Misi

Berikut adalah poin-poin perbedaan antara visi dan misi :

1. Visi dibuat untuk masa depan dan bersifat secara umum. Misi dibuat untuk masa kini atau saat ini dan bersifat lebih detail atau khusus.

2. Visi adalah tujuan, masa depan, cita-cita, hal yang ingin dilakukan. Misi adalah langkah, bentuk atau cara serta bagaimana untuk mewujudkannya.

3. Visi terdiri dari beberapa kalimat atau pernyataan biasanya satu deret kalimat atau poin yang jelas, padat dan mewakili segalanya. Misi terdiri dari sejumlah kalimat atau pernyataan yang dapat menjelaskan tujuan. Biasanya terdiri dari beberapa kalimat penjabaran atau berbagai macam poin yang lebih banyak dari visi.

4. Visi adalah gambaran besar atau gambaran secara keseluruhan apa yang diinginkan. Misi adalah Penjabaran apa yang akan dilakukan untuk mencapai atau mewujudkan visi.

5. Visi lebih bersifat jangka panjang, sedangkan misi dapat dilakukan segera dan secepatnya.

Sehingga dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa perbedaan visi dan misi adalah tentang bayangan dan cara kita melihat gambaran suatu tujuan pada masa depan, sedangkan misi adalah cara dan langkah langkah yang bisa kita lakukan saat ini juga demi mewujudkan visi yang sudah kita rencanakan.

Baca juga : Psikopat : Pengertian, Ciri-ciri, Hingga Gejala dan Perawatannya

Fungsi Visi dan Misi
1. Menyediakan standar tenaga kerja
Pertama, visi dan misi dapat menjadi standar kerja bagi organisasi di dalam perusahaan. Standar tenaga kerja dapat digunakan untuk menentukan tugas dan tanggung jawab karyawan atau pekerja ketika bekerja di suatu perusahaan. Memiliki standar kerja di tempat dapat menetapkan tujuan untuk tenaga kerja atau karyawan di tempat kerja dan membuat pekerjaan lebih efisien dan efektif.
2. Meningkatkan motivasi kerja
Kedua, visi dan misi perusahaan dapat membantu meningkatkan motivasi tenaga kerja atau karyawan dalam bekerja. Visi dan misi dapat membantu karyawan memahami dengan jelas tujuan pekerjaannya. Oleh karena itu, visi dan misi perusahaan sangat besar pengaruhnya dalam meningkatkan motivasi dan semangat kerja karyawan serta terwujudnya tujuan atau visi perusahaan.
3. Meningkatkan produktivitas dan kinerja
Ketiga, bila visi dan misi perusahaan dapat meningkatkan motivasi dan semangat kerja. Hal ini menjadi sangat penting karena tenaga kerja atau karyawan dapat menjadi lebih produktif. Produktivitas kerja dapat sangat didorong oleh antusiasme atau motivasi mereka. Visi dan misi yang jelas dapat membuat karyawan atau pekerja merasa lebih semangat dalam mencapai tujuan perusahaan.
4. Menjadi referensi bagi perusahaan

Keempat, visi dan misi perusahaan tentunya dapat menjadi acuan untuk pengembangan perusahaan selanjutnya. Visi dan misi perusahaan dapat menjadi landasan atau tonggak atau landasan untuk memulai sebagai acuan untuk menciptakan inovasi bagi perkembangan organisasi atau perusahaan. Secara umum visi dan misi menjadi orientasi bagi perusahaan dalam perkembangannya, yang menentukan langkah-langkah perubahan. Dengan demikian, suatu perusahaan dapat dicegah dan dihindari menyimpang dari arah tujuannya, dan segala aktivitasnya diselaraskan dengan visi dan misi yang menjadi acuan.

5. Menjadi pedoman kerja karyawan
Kelima, visi dan misi dapat berfungsi baik sebagai acuan tugas maupun sebagai pedoman. Visi dan misi dijadikan sebagai landasan bagi karyawan atau pekerja yang bekerja di suatu perusahaan atau organisasi. Otomatis, panduan tersebut sangat membantu para karyawan untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam bekerja berkat panduan tersebut.
6. Meningkatkan retensi karyawan
Keenam, visi dan misi dapat berfungsi untuk meningkatkan loyalitas karyawan. Jika perusahaan memiliki visi dan misi yang jelas serta berhasil menggerakkan emosi karyawan, maka karyawan tidak hanya akan meningkatkan kinerja dan produktivitas, tetapi juga tetap loyal bekerja di masa mendatang. Akhirnya, loyalitas yang tumbuh secara otomatis mendorong karyawan untuk bekerja bagi perusahaan sebanyak mungkin.
Baca juga : Surat Niaga : Pengertian, Fungsi, Macam – Macamnya
7. Mempengaruhi pengambilan keputusan

Ketujuh, visi dan misi sebenarnya memiliki kekuatan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan dalam organisasi. Pengambilan keputusan berdasarkan visi dan misi dapat mencegah tujuan asing atau langkah jauh. Visi dan misi perusahaan juga mempengaruhi pengambilan keputusan dalam hubungannya dengan perusahaan Pengambilan keputusan dilakukan sedemikian rupa untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan.
8. Memastikan tujuan dasar

Visi dan misi memiliki kegunaan yang berbeda dari tujuan dasar perusahaan. Visi dan misi dengan tujuan dasar yang jelas dan inspiratif memudahkan kegiatan bisnis perusahaan. Hal ini dikarenakan tujuan dasar perusahaan sudah dipahami dalam kegiatan perusahaan oleh karyawan, sehingga memiliki gambaran atau visi yang jelas tentang peran dan tanggung jawabnya.
Manfaat Visi dan Misi
1. Manfaat visi
a. Menjadikan anda menjadi seseorang yang dapat membangun imajinasi bersama untuk kesuksesan bersama sekarang dan di masa depan.
b. Mampu melakukan perbaikan untuk standar kerja yang lebih baik.
c. Anda dapat mengembangkan dan meningkatkan rasa tanggung jawab dan kinerja anda di tempat kerja. 
d. Mampu menumbuhkan dan memperkuat rasa memiliki karyawan terhadap perusahaan.

2. Manfaat Misi
a. Menjadi langkah awal perusahaan untuk mewujudkan visinya.
b. Dapat mendorong perusahaan untuk berinovasi dalam persaingan.
c. Dapat menjadi pedoman bagi karyawan dan perusahaan dalam mengambil keputusan yang sejalan dengan visi organisasi.
d. Menjadi panduan bagi perusahaan untuk melakukan perubahan atau mengembangkan perusahaan.
e. Dapat membantu karyawan atau karyawan baru dengan mudah memahami tanggung jawab dan tujuan perusahaan.
f. Mengetahui bagaimana menciptakan situasi dan kondisi untuk perusahaan yang sehat, karena memiliki tujuan besar yang sama.
g. Mampu menyediakan dan menerjemahkan tujuan dasar organisasi sehingga tolok ukur waktu, biaya dan efisiensi dapat dikelola dan dievaluasi.
Baca juga: Visi misi
Contoh Visi Misi

Visi
Menjadi jaringan ritel terintegrasi terbesar dan paling kompetitif di Indonesia, memberdayakan usaha kecil untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.

Misi
1. Menanggapi kebutuhan dan harapan pelanggan dengan berfokus pada produk dan layanan berkualitas tinggi.
2. Mengikuti praktik bisnis yang etis dan jadilah yang terbaik dalam segala hal yang kami lakukan.
3. Mengembangkan jiwa dan keterampilan kewirausahaan dalam dunia usaha dan masyarakat
4. Mengembangkan organisasi yang andal, sehat, dan sejahtera yang bermanfaat bagi semua orang yang terlibat.

Kesimpulan
Dalam menjalankan suatu organisasi atau bisnis di sebuah perusahaan maka anda harus menguasai visi misi dalam perusahaan tersebut. Dimana visi misi merupakan arah tujuan dari berdirinya sebuah perusahaan. Supaya anda tidak bingung dalam menajalankan peran anda maka and juga harus mempelajari visi misi perusahaan anda dengan sebaik-baiknya. Demikian tadi penjelasan tentang visi misi, semoga bermanfaat.

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Aqidah Islam sebagai Pondasi Iman

16 Mei 2024 - 18:51 WIB

NABI DAN UTUSAN ALLAH

16 Mei 2024 - 16:20 WIB

Konsep Tuhan dalam agama Islam

16 Mei 2024 - 16:11 WIB

Iman Kepada Hari Akhir

16 Mei 2024 - 15:56 WIB

Pengertian Malaikat dan Iman Kepada Malaikat

16 Mei 2024 - 15:51 WIB

Pengertian Qada dan Qadar

16 Mei 2024 - 15:46 WIB

Trending di Edukasi