Menu

Mode Gelap

Edukasi · 12 Apr 2023 01:25 WIB ·

Epilog adalah : Jenis-Jenis dan Fungsinya


 Epilog adalah : Jenis-Jenis dan Fungsinya Perbesar

Epilog adalah : Jenis-Jenis dan Fungsinya

Epilog Adalah

Epilog adalah bagian penting dari sebuah cerita atau cerita. Namun terkadang banyak yang tidak menyadari keberadaan epilog karena pengemasannya terkesan dilakukan terpisah dari cerita utamanya. Sedangkan sebagai aturan umum, epilog dalam film, buku, sastra, atau sejenisnya adalah bagian dari cerita yang menunjukkan kesimpulan atau pesan dan pesan kepada penonton.

Kata utama epilog berasal dari bahasa Yunani, yaitu epilogos. Kata epilogos memiliki arti kesimpulan. Dalam banyak versi, epilog sering disebut outro, yang merupakan salah satu elemen terpenting dari karya tersebut, menghadirkan beberapa kejutan di akhir lagu. Selain itu, epilog biasanya juga bersifat retoris yang mana artinya, epilog mengajak para pembaca, pendengar atau penonton untuk menangkap pesan moral di balik kisah yang kaya akan kehidupan. adalah bagian penting dari sebuah cerita atau cerita. Namun terkadang banyak yang tidak menyadari keberadaan epilog tersebut, karena pengemasannya terkesan dilakukan terpisah dari cerita utamanya.

Bentuk epilog ini juga bisa berbeda-beda tergantung gaya pengarang dan format karya seninya. Ada bentuk epilog yaitu semacam refleksi konflik, yang mengandung nilai-nilai tertentu, bahkan berupa kata-kata bijak pengarang tentang akhir cerita. Epilog juga bisa berupa pelajaran, pesan, dan pesan moral penting yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca atau penonton.

Baca juga : Jenis Prolog : Pengertian, Contoh, Cara Membuat dan Perbedaan Prolog dan Epilog

Fungsi Epilog

Jika diperhatikan lebih dalam sebenarnya secara tidak langsung fungsi asli dari epilog sudah dijelaskan pada penjelasan di atas. Dalam sebuah karya seni khususnya sastra fungsi epilog ini adalah untuk mempertegas nilai-nilai atau pesan moral yang ingin disampaikan pengarang tentang asal usul cerita.

Selain itu epilog juga merupakan bagian yang sering digunakan oleh para produser karya untuk menyampaikan akhir karya mereka. Bahkan epilog juga bisa menyampaikan pesan, inti isi, dan pesan tersirat yang bisa dikumpulkan dari konflik yang diciptakan dan diselesaikan dalam cerita. Namun epilog yang dimaksud oleh para seniman, sebagian besar adalah transmisi kata-kata mutiara atau kata-kata bijak yang berfungsi untuk mengapresiasi pembaca atau penonton yang menikmati karyanya.

Ciri – ciri Epilog

Ciri  ciri epilog adalah sebagai berikut:

ciri ciri epilog Selalu pada asal atau akhir cerita, cerita, lakon, atau film. biasanya berisi kesimpulan atau gambaran umum singkat tentang apa yang terjadi dalam karya sastra. Beberapa melihat sekilas nasib seorang tokoh di akhir cerita atau cerita.

Ketika cerita, cerita, drama atau film akan dilanjutkan atau diserialkan, bagian akhir biasanya mencoba menghubungkan cerita yang ada dengan cerita baru yang akan datang di masa depan. Sering mengandung pesan tersirat, moral, intisari atau kata-kata bijak dari produser atau artis dan seringkali disertai dengan pesan perpisahan atau ucapan terima kasih dari pencipta atau produser karya tersebut. Secara umum ciri-ciri epilog telah dijelaskan di atas, ada ciri-ciri khusus diantaranya sebagai berikut.

Ciri cpilog merupakan sebuah karya sastra tidak harus memiliki semua karakteristik di atas. Namun bisa dikatakan epilog semakin lengkap ketika semakin banyak fitur yang diisi dari hal-hal tersebut di atas.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Aqidah Islam sebagai Pondasi Iman

16 Mei 2024 - 18:51 WIB

NABI DAN UTUSAN ALLAH

16 Mei 2024 - 16:20 WIB

Konsep Tuhan dalam agama Islam

16 Mei 2024 - 16:11 WIB

Iman Kepada Hari Akhir

16 Mei 2024 - 15:56 WIB

Pengertian Malaikat dan Iman Kepada Malaikat

16 Mei 2024 - 15:51 WIB

Pengertian Qada dan Qadar

16 Mei 2024 - 15:46 WIB

Trending di Edukasi