Menu

Mode Gelap

Bisnis · 3 Jan 2023 04:02 WIB ·

Aktiva Setara Kas : Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Fungsinya di Dunia Bisnis


 Aktiva Setara Kas: Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Fungsinya Perbesar

Aktiva Setara Kas: Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Fungsinya

Finaninsia – Aktiva setara kas  adalah aset yang dimiliki oleh perusahaan. Ini adalah aset investasi jangka pendek yang dapat dikonversi menjadi uang tunai dalam waktu yang relatif singkat.

Aktiva setara kas adalah investasi likuid. Setara kas adalah aset yang dapat dikonversi menjadi uang tunai tanpa mengurangi nilainya. Investasi jangka pendek kurang dari 12 bulan. Ini dapat dikonversi ke rupee untuk jumlah tertentu.

Setara kas adalah semua mata uang, baik uang kertas maupun koin. Dan dibuat di dalam dan luar negeri. Dan setiap korespondensi bernilai satu rupee.

Memahami setara kas adalah suatu keharusan bagi setiap pengusaha. Untuk itu artikel ini akan menjelaskan apa itu setara kas, jenisnya, kegunaannya, ciri-cirinya, kelebihan dan kekurangannya.

Pengertian Aktiva Setara kas

Aktiva setara kas adalah investasi jangka pendek yang dapat dengan cepat dikonversi menjadi uang tunai. Contohnya termasuk tabungan dan saldo giro, sertifikat deposito jangka pendek, dan obligasi pemerintah jangka pendek.

Contoh uang tunai lainnya adalah sekuritas jangka pendek (obligasi konversi yang diterbitkan oleh perusahaan lain). Aset tunai adalah ukuran posisi keuangan perusahaan. Investor disarankan untuk mengetahui sumber daya keuangan perusahaan saat memutuskan untuk berinvestasi di perusahaan lain mana pun. Itu karena investor mengetahui apakah perusahaan dapat membayar tagihannya dalam jangka pendek.

Arus kas adalah salah satu indikator terpenting kesehatan sistem keuangan perusahaan. Analis mempertimbangkan perusahaan mana yang akan menjadi tempat yang baik untuk berinvestasi berdasarkan kemampuannya menghasilkan uang tunai, karena ini mencerminkan bagaimana perusahaan dapat membayar tagihannya dalam jangka pendek.

Jenis Aktiva Setara Kas

Ada beberapa jenis aktiva setara kas yaitu :

1. Mata uang

Jenis aktiva setara kas yang pertama adalah mata uang. Mata uang adalah unit moneter yang disepakati oleh pemerintah dan warga negara. Negara memiliki mata uang sendiri. Misalnya, mata uang Indonesia adalah rupiah, Jepang menggunakan yen, dan beberapa negara yaitu Amerika Serikat, Kamboja, Ekuador, dan Panama menggunakan mata uang yang sama.

Mata uang itu sendiri bertindak sebagai alat komunikasi, dan semua mata uang memiliki nilai nominal. Misalnya, USD 1 sama dengan 14.000 rupiah di Indonesia. Ini tergantung pada nilai tukar atau nilai tukar. Nilai tukar ini biasanya berubah sewaktu-waktu ketika dolar AS menguat.
Selain itu, inflasi negara juga mempengaruhi nilai tukar. Inflasi lebih rendah di negara-negara kaya. Hak ini dihasilkan dari situasi ekonomi dan politik di negara tersebut. Nilai tukar juga dipengaruhi oleh situasi politik dan ekonomi negara. Kontrol pemerintah juga mempengaruhi fluktuasi nilai tukar.

2. Cek

Cek adalah surat yang dicetak oleh bank yang dapat digunakan pelanggan sebagai perintah untuk menarik uang. Jumlah yang akan dipotong dinyatakan pada cek itu sendiri. Rekening giro diperlukan untuk menerima cek. Rekening giro sendiri merupakan rekening tabungan atau deposito bagi nasabah atau perusahaan. Anda juga dapat menarik uang kapan saja selama jam buka bank.
Menarik uang dengan cek tidak semudah kelihatannya. Ada beberapa syarat untuk menggunakan cek. Nama juga harus unik. Nama dan lokasi calon pembeli harus mencantumkan tanggal penerimaan cek. Cek berlaku selama enam bulan sejak tanggal cek diberikan. Ada berbagai jenis cek, yaitu cek kosong, cek pembawa, cek pihak ketiga, dan banyak cek lainnya.

3. Deposito Bank

Depotasi bank adalah simpanan yang dilakukan oleh nasabah dan memiliki jangka waktu tertentu dimana penarikan dapat dilakukan. Jika nasabah menarik diri sebelum batas waktu, maka bank akan memberikan sanksi kepada nasabah. Jenis simpanan ada banyak, seperti simpanan tetap, sertifikat deposito, dan simpanan darurat. Deposito berjangka merupakan simpanan dengan jangka waktu yang bersifat opsional seperti 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun hingga 2 tahun. Meski dalam titipan tidak mencantumkan nama orang atau lembaga. Karena sertifikat ini bisa dipindahtangankan nanti.

Anda juga bisa menjual ke pihak lain. Dan bunga deposito ini dibayarkan setiap bulan atau pada saat jatuh tempo. Setoran darurat adalah rekening tabungan untuk setidaknya satu minggu. Deposit ini dilakukan atas nama pelanggan. Bunga dibayarkan bersamaan dengan setoran.

Baca juga : Pembangunan Ekonomi : Pengertian, Tujuan, Indikator, dan Tahapannya

4. Wesel tagih

Dalam dunia akuntansi, laporan kredit/wesel tagih adalah pernyataan tertulis resmi tentang jumlah hutang pelanggan. Selama penagihan diharapkan dalam satu tahun, piutang usaha termasuk dalam kelompok setara lancar yang diakui dalam laporan keuangan.

Piutang juga dapat digunakan untuk membayar piutang pelanggan. Tanda terima disebut juga tanda terima. Survei garansi memiliki beberapa keunggulan lain dibandingkan laporan rekaman yang tersedia.

Dengan ditangannya, debitur menerima tagihan dan menyanggupi untuk melakukan pembayaran sesuai dengan syarat tertulis. Oleh karena itu, nota tersebut memiliki klaim yang sangat kuat.

5. Reksa dana

Reksa dana merupakan salah satu alternatif bentuk investasi bagi masyarakat yang senang berinvestasi, khususnya investasi kecil dan investor yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko investasi. Reksadana adalah cara khusus untuk mengumpulkan uang dari orang-orang yang memiliki modal, ingin berinvestasi, tetapi kekurangan waktu dan pengetahuan.

Selain itu, reksa dana diharapkan dapat meningkatkan peran investor lokal yang berinvestasi di pasar modal Indonesia.

6. Sekuritas

Sekuritas adalah aset dan instrumen keuangan yang mudah dikonversi menjadi uang tunai dan karenanya sangat likuid. Sekuritas yang dapat diperdagangkan bersifat likuid karena biasanya memiliki jatuh tempo satu tahun atau kurang dan kecepatan perdagangan memiliki pengaruh yang kecil terhadap harga. Surat berharga ini sering digunakan sebagai alat pembayaran dalam transaksi modern khususnya antar pengusaha. Banyak pengusaha menggunakan gelar ini sebagai alat pembayaran dalam bertransaksi bisnis karena dianggap lebih nyaman dan aman, serta memiliki kredibilitas tersendiri.

7. Penerimaan bank

Persetujuan bank adalah cara pembayaran yang dijamin oleh penilai bank, bukan pemegang rekening perorangan. Karena bank menjamin pembayaran, perbankan jangka pendek dianggap cukup dekat dengan uang tunai.

Otorisasi bank sering digunakan untuk memfasilitasi transaksi berisiko rendah bagi kedua belah pihak. Akseptasi bank adalah instrumen keuangan jangka pendek yang merupakan pembayaran masa depan yang dijanjikan oleh bank dengan jangka waktu antara 30 sampai 180 hari.

Proses persetujuan bank serupa dengan pinjaman jangka pendek dan melibatkan berbagai pemeriksaan dan jaminan kredit. Setelah akseptasi bank diterima oleh bank, kewajiban segera dialihkan dari penerbit akseptasi bank kepada bank.

8. Giro bank

Giro adalah bentuk tabungan yang dikeluarkan oleh bank dan dapat digunakan oleh nasabahnya. Istilah rekening tabungan giro memiliki simbol khusus yang disebut giraan. Giran dapat menarik uang tersebut melalui cek yang dikeluarkan oleh bank. Hal ini cukup berbeda dengan tabungan biasa yang dapat dibayarkan melalui ATM.

9. Obligasi Pemerintah Jangka Pendek

Obligasi adalah obligasi jangka menengah dan jangka panjang yang dapat ditukar. Obligasi, dimana penerbit surat berharga telah berjanji untuk membayar bunga (kupon) dalam bentuk bunga (kupon) selama jangka waktu tertentu dan mengembalikan jumlah pokok pada akhir jangka waktu tertentu, adalah obligasi kepada pembeli.

Obligasi merupakan salah satu jenis investasi pendapatan tetap yang bertujuan untuk memberikan peningkatan nilai investasi yang relatif stabil dengan tingkat risiko yang relatif stabil dibandingkan dengan saham. Sedangkan Obligasi Pemerintah yaitu Surat Berharga Negara yang diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Pemerintah menerbitkan obligasi suku bunga tetap (FR-Fixed Rate Series), obligasi suku bunga variabel (VR-VariableRateSeries) dan Sukuk Negara/Syariah.

Baca juga : Aktiva Setara Kas: Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Fungsinya

10. Penerimaan kas kecil

Penerimaan kas kecil adalah catatan pembayaran kas yang digunakan untuk menyelesaikan transaksi kecil. Dan kwitansi diteruskan ke petugas.

Tujuan aktiva setara kas

Tujuan aktiva setara kas adalah Untuk memenuhi kebutuhan pelaporan pengguna untuk mengukur profitabilitas, akuntan melaporkan hasil investasi yang besar secara terpisah dari laba operasi.

Neraca mencakup uang untuk memungkinkan pengguna menilai solvabilitas. Jumlah ini dapat dibandingkan dengan obligasi yang membutuhkan pembayaran jangka pendek.

Untuk itu, PSAK mendesak agar pembatasan ketersediaan likuiditas, tujuan penggunaan atau jangka waktu investasi juga dipublikasikan.

Uang tunai juga dapat membantu menilai potensi penghasilan dari surplus yang tersedia untuk investasi, memungkinkan bisnis tumbuh atau memanfaatkan peluang lain. Fungsi pembayaran untuk Perusahaan memandang ekuitas sebagai uang tunai karena sejumlah alasan.

Sumber daya tunai juga dapat bertindak sebagai dana darurat untuk bisnis atau investor. Sekali lagi, alih-alih melihat nilai penurunan perak di rekening bank karena inflasi, investor dapat memperoleh penghasilan tambahan kecil.

Fungsi aktiva setara kas di dunia bisnis

Fungsi aktiva setara kas bagi dunia bisnis adalah untuk perusahaan
Perusahaan memandang ekuitas sebagai uang tunai karena beberapa alasan.

Pertama, kas adalah bagian dari modal kerja bersih perusahaan (aset dikurangi kewajiban lancar) yang digunakan untuk membeli persediaan, menutup biaya operasi, dan aktivitas pembelian lainnya.

Sumber daya tunai juga dapat bertindak sebagai dana darurat untuk bisnis atau investor. Alih-alih membiarkan inflasi di rekening bank menyebabkan nilai perak turun, investor bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Akhirnya, sebuah perusahaan mungkin dengan sengaja menyimpan saldo kas yang lebih tinggi jika diperlukan untuk membiayai akuisisi. Dari pada mengikat modal dalam investasi jangka panjang atau investasi yang mudah berubah, perusahaan dapat secara sadar memilih untuk menimbun uang tunai saat mereka perlu mengumpulkan uang dengan cepat.

Kesimpulan 

Aktiva setara kas adalah investasi jangka pendek yang dapat dengan cepat dikonversi menjadi uang tunai. Jenisnya terdapat 10 macam jenis  sedangkan tujuannya adalah Untuk memenuhi kebutuhan  mengukur profitabilitas, akuntan dalam melaporkan hasil investasi yang besar secara terpisah dari laba operasi. Fungsi aktiva setara kas bagi dunia bisnis adalah untuk memandang ekuitas sebagai uang tunai karena beberapa alasan.

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Struktur Kerangka Proposal Bisnis Usaha

24 Maret 2023 - 04:07 WIB

Struktur Kerangka Proposal Bisnis Usaha

Langkah – Langkah Membuat Proposal Bisnis

22 Maret 2023 - 17:48 WIB

Langkah - Langkah Membuat Proposal Bisnis

Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli : Definisi dan Contohnya

17 Maret 2023 - 19:14 WIB

Definisi dan Contoh Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

Usaha Real Estate: Pengertian, Jenis-jenis dan Keuntungannya

1 Maret 2023 - 23:21 WIB

Usaha Real Estate: Pengertian, Jenis-jenis dan Keuntungannya

Apa Itu CEO, Berikut Tugas dan Tips menjadi CEO

21 Januari 2023 - 22:29 WIB

Apa Itu CEO, Berikut Tugas dan Tips menjadi CEO

Negosiasi : Pengertian, Tujuan, Tahap dan Jenis-jenisnya

15 Januari 2023 - 15:12 WIB

Negosiasi : Pengertian, Tujuan, Tahap dan Jenis-jenisnya
Trending di Bisnis